Dampak AC terhadap Kesehatan Tubuh



Tanpa kita sadari kita menghabiskan sebagian waktu kita di dalam ruangan ber AC, entah itu di kantor, dalam mobil, atau di kamar tidur. hal itu kita lakukan karena kita ingin merasakan kenyamanan di tengah iklim tropis yang panas dan lembab ini. Tanpa menyadari efek buruk dari hawa dingin yang dihasilkan mesin penyejuk ruangan.  berikut salah satu contoh efek buruknya:


Kegemukan
Salah satu penyebab utama kenaikan berat badan adalah suhu udara yang nyaman atau dalam hal ini suhu udara yang dingin dan sejuk, suhu udara yang dingin dan sejuk membuat kita malas bergerak. Minimnya aktivitas tubuh membuat tidak adanya pelepasan pembakaran energy lemak. Dalam jangka panjang timbunan lemak akan terakumulasi yang akan memicu obesitas, karena itu orang yang terbiasa dengan hidup menggunakan penyejuk ruangan di sarankan memiliki jadwal rutin untuk berolahraga secara teratur untuk membakar lemak tubuh.


Daya tahan tubuh
Perbedaan suhu diluar ruangan dan di dalam ruangan ber AC bisa mempengaruhi daya tahan tubuh. Kalau kita memasuki ruangan ber AC dengan keadaan badan kepanasan dan bercucur keringat sehabis melakukan aktivitas dibawah sinar matahari bisa mengakibatkan sakit kepala, sesak nafas bakan sulit berkonsentrasi.


Penularan penyakit
Hampir semua ruangan sewa ac sangat minim ventilasi  karena itu tidak terjadi sirkulasi udara  maka jika salah satu penghuni membawa virus, sudah pasti virus itu akan terperangkap di dalanm ruangan dan akan berpotensi menular ke penghuni lain dengan cepat.


Penuaan kulit
Mesin pendingin udara bekerja dengan menagkap partikel-partikel air di udara untuk memproduksi udara dingin, yang secara langsung menurunkan tingkat kelembapan dan secara langsung menyebebakn masalah kulit kering