Tips dalam Membeli AC



Berikut ini adalah tips yang harus anda perhatikan sebelum membeli AC:


Kapasitas AC
Anda harus memperhatikan kapasitas AC yang tercantum dalam BTUH (British Thermal Unit per Hours). Satuan BTUH menentukan kapasitas sebuah AC untuk Menarik atau menyerap panas dalm satu jam. 


Hitung daya kapasitasnya
Kita harus bisa menghitung daya kapasitasnya, berapa besar btu/h nya dan berapa besar konsumsi watt nya


Jangan tergiur dengan harga yang murah
Di pasaran anda akan menemukan AC 1/2 PK dengan merk tertentu dengan konsumsi daya nya  hanya 320 watt, sementara AC 1/2 PK merk lain konsumsi dayanya 850 watt. Misalnya AC merk ABC konsumsi dayanya 320 watt dengan harga 2.400.000.- sedangkan AC merk XYZ dengan konsumsi 850 watt harganya 2000.000,- dan keduanya memiliki kapasitas yang sama yaitu, 5000 btu/h. mungkin anda akan memilih AC merk XYZ karena harganya lebih murah, namun selisih daya 850 watt – 320 watt = 530 watt harus anda bayar setiap bulannya. Kalau kita asumsikan sehari AC dihidupkan 8 jam dan harga per kWh PLN = Rp 600 maka per harinya anda membayar 0.530kWh x 8jam x Rp.600 = Rp.2544 lebih mahal. Berarti dalam sebulan anda membayar dengan selisih 30 x Rp.2544 = Rp.76.320,- lebih mahal.


Letak pemasangan AC
Suhu yang dikeluarkan oleh AC sangat bergantung dengan letak pemasangan dan suhu panas suatu ruangan, yang bisa mempengaruhi panas suatu ruangan antara lain, luas ruangan, bahan dinding, jumah lampu, jumlah penghuni ruangan, arah sinar matahari dsb.


Memilih jenis AC
Berdasarkan jenisnya ada 4 jenis AC yang dipergunakan, yaitu split, window, cassette dan standing AC. 



  • Jenis AC split, memisahkan bagian indoor dan outdoor dengan begitu suara yang dihasilkan ketika AC dihidupkan menjadi lebih lembut karena letaknya yang terpisah. 
  • Jenis AC Window, biasanya pertimbangan dalam memilih AC ini adalah karena keterbatasan ruangan.
  • Jenis AC Cassette, biasanya di pakain di gedung-gedung bertingkat seperti perkantoran dsb.
  • Jenis AC standing, jenis AC ini cocok untuk kegiatan kegiatan yang bersifat mobile dan sementara, karena fungsinya yang gampang dipindah tempatkan.