Tips Dalam Memebeli AC Untuk Rumah Anda


Indonesia adalah Negara dengan iklim yang panas karena itu banyak masyarakat yang membeli AC untuk mendapatkan kenyamanan lebih , tetapi jangan asal membeli AC karena salah memilih akan merugikan anda sendiri, misalnya tagihan listrik yang membengkak.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih kapasitas ac dengan luas ruangan, dengana kapasitas per meter umumnya 600 BTU. Maka jika ruangan 4x4 meter maka luasnya adalah 16 m persegi, jadi kapasitas yang diperlukan adalah 16m x 600 BTU = 9.600 setara dengan AC 1 PK.

Selanjutnya sesuaikan kapasitas AC dengan fungsi ruangan, misal kamar tidur sudah cukup dengan menggunakan AC ½ PK.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah tingkat efisiensi, di tiap perangkat AC terdapat Energy efficiency ratio (Eer). Sebaiknya kita memilih tingkat Eer yang tinggi, karena Eer yang tinggi berarti daya listrik yang rendah. Umumnya AC yang baik memiliki tingkat ratio diatas 10. Tingkat Eer menetukan harga juga, semakin tinggi semakin mahal karena semakin hemat listrik. Eer yang lebih kecil berarti lebih boros listrik.
Sebuah AC Konvensional akan otomatis berenti bekerja saat suhu yang diinkan tercapai, dengan mematikan dan menyalakan AC maka pemakaian listrik akan boros.

Untuk perawatan sebaiknya perhatikan letak AC , jika ruangan penuh dengan kaca maka sebaiknya diberikan penutup seperti gorden karena  radiasi matahari mempengaruhi kinerja AC. Selain itu bersihkan ac minimal 3 bulan sekali namun, sebaiknya lebih dari itu khususnya membersihkan filter dan evaporator.