Tips menggunakan Genset agar awet



Pemadaman listrik yang sering terjadi membuat beberapa gedung perkantoran atau tempat usaha bahkan rumah tinggal untuk mempunyai Generator listrik atau genset. Ada yang untuk menyalakan alat berat, menjadi tenaga cadangan atau pemasok tenaga listrik utama. Berikut adalah beberapa tips pemakaian genset agar genset anda dapat bekerja dengan baik dan tahan lama.


Karena genset menghasilkan gas karbonmomonoksida yang berbahaya bagi manusia jika dihirup maka untuk amannya letakkan genset di tempat yang sirkulasi udaranya bagus tetapi juga terlindungi dari cuaca dan aliran udaranya tidak mengarah ke dalam ruangan. Penempatan genset juga sebaiknya menggunakan system grounding untuk menghindari terjadinya sengatan listrik karena kelebihan arus listrik.


Jika terjadi pemadaman listrik dan anda menyalakan  sewa genset, pastikan untuk menyalakan peralatan elektronik yang memerlukan daya listrik yang paling besar terlebihdahulu. Dan juga pastikan tidak menggunakan genset melebihi kapasitasnya.


Rawatlah setiap komponen genset dan dijaga kondisinya agar kinerja genset menjadi lebih baik, selain dibersihkan secara berkala periksalah volume oli, air radioator dan tangki bahan bakar secara teratur dengan rutin. Lalu sebelum anda menggunakan genset untuk menanggung beban pastikan melakukan pemanasan dahulu selama setengah jam hal ini dilakukan agar pada saat digunakan genset bisa bekerja dengan maksimal dan tidak “kaget” 


Lalu disarankan agar genset dinyalakan setiap seminggu sekali tanpa beban atau dengan kata lain “memanaskan” agar terjadi sirkulasi oli sehingga komponen genset menjadi tahan lama. Kencangkan baut-baut genset dan lakukan service secara berkala dengan memanggil tenaga yang ahli yang bersertifikat dan berpengalaman.