Tips menghemat listrik AC



Jika kita hitung-hitung 50% pemakaian listrik sebulan dirumah kita adalah untuk penyejuk ruangan atau AC, dengan mengurangi penggunaan ac tidak hanya kita menghemat uang, listrik serta memperpanjang umur ac tetapi juga agar listrik tidak “byar-pet” terus.
Tapi pemasangan AC tidak jarang menimbulkan masalah baru seperti tagihan listrik yang membengkak sampai pemadaman listrik yang tiba-tiba dari PLN. Pemakaian ac secara regular memang menjadi salah satu alasan tagihan listrik membengkak. Berikut adalah beberapa tips penggunaan ac agar rumah anda tetap sejuk tetapi tidak mengakibatkan tagihan listrik yang membengkak:



  • Pilih sewa ac yang hemat energi dan ramah lingkungan.
  • Setel suhu ac pada suhu antara 25-22 derajat, karena itu suhu rational yang bisa dicapai di Jakarta karena tidak mungkin suhu ruangan di Jakarta bisa mencapai dibawah 20 derajat itu akan membuat ac bekerja lebih keras dan mengakibatkan boros listrik.
  • Usahakan jangan sampai ada celah yang terbuka dan tutup semua jendela dengan gorden agar tidak ada sinar matahari yang masuk kedalam ruangan, ini dilakukan supaya ac tidak bekerja terlalu keras dan tidak mengkonsumsi listrik yang terlalu besar.
  • Gunakanlah fitur Timer pada ac, ini dilakukan untuk menhindari kita lupa untuk mematikan ac pada saat kita tidur.