Cara Mengganti Kompresor AC Split

Alat yang dibutuhkan dalam penggantian kompresor pada ac split adalah alat pengelasan yang terdiri dari tabung camping dan tabung oxygen. Setelah sambungan pada kompresor anda lepaskan kemudian lepaskan 3 buah mur yang terletak pada kaki kompresor dengan menggunakan kunci pas ukuran 12-13.


Setelah itu angkat kompresor dari dudukannya, pergantian kompresor harus sesuai dengan type label kompresor yang sebelumnya digunakan atau type yang tertera pada label kompresos. Atau bisa dengan menyamakan kapasitas pendingin pada badan kompresor.

Pada waktu penggantian kompresor bersihkan pipa kapiler dan saringannya atau lebih bagus lagi jika diganti agar sirkulasi Freon menjadi lancer. Anda bisa mencari cara pencarian terminal compressor dengan melihat pada tutup terminal kompresor atau dengan tahanan 3 buah terminal dengan sebuah multitester. Caranya dengan posisikan pada skala ohm x10 ukur tahanan ketiga terminal kompresor sampai anda menemukan tahanan yang terkecil. Starting yang dihubungkan dengan running capasitor adalah terminal yang tidak disentuh oleh probe tester. Sedangkan untuk pencarian (r) ukur dari terminal (s) yang dihubungkan melalui running capasitor dan satu line listrik, dan yang terkecil adalah tahanan (c) yang dihubungkan langsung oleh line listrik.

Setelah pipa caliper dan saringan sudah terpasang dengan benar serta nepel pipa instalasi pada kran valve, hidupkan ac split. Setelah itu pasang kran manifold warna biru pada pentil pengisian Freon, lalu byuka kran manifold atur ke tekanan rendah setelah mendapatkan supply listrik lakukan pemakuman dengan cara menutup kran valve dengan rapat menggunakan kunci L.

Pada saat itu angin akan keluar pada pipa atau selang yang berwarna kuning, diamkan hingga semua angin keluar setelah itu tutup kran manifold hingga rapat, buka kran hisap lalu masukkan selang warna kuning ke tabung Freon, buka kran pada tabung Freon lalu isi Freon dengan membuka keran manifold warna biru dengan tekanan rendah.

Lakukan pengisian Freon sambil melihat amper kompresor, jika ampernya normal lanjutkan pengisian Freon tetapi jika amper tinggi maka ganti pipa caliper dengan ukuran yang lebih besar dan jangan lupa lakukan pengecekan kebocoran pada sambungan kompresor dengan menggunakan air sabun bila unit outdoor ac sudah terisi dengan Freon.

jika adnda tidak yakin untuk mengerjakan sendiri lebih baik anda menyewa jasa perawatan ac yang memang sudah pasti menggunakan tenaga ahli yang bersertifikat.