Macam-Macam Kerusakan Pada AC

Bagi kalian para pengguna Air Conditioner (AC) tentunya pernah mengalami kerusakan pada AC kalian, baik itu dirumah maupun dikantor. kalian pasti akan segera memanggil tukang service AC. Biaya servicenya pun tidaklah murah. Nah kali ini Sewa AC akan memberikan penjelasan tentang macam-macam kerusakan yang biasa terjadi pada AC.

Macam-Macam Kerusakan Pada AC: 
  1. AC tidak menyala atau mati total. Kemungkinan terjadi masalah pada koneksi power. Periksa koneksi power dan jika ada sekring pada stop kontak, apabila arus tetap berjalan  maka periksalah sekring pada indoor. Jika semua sudah terhubung, bisa dipastikan kerusakan pada modul atau PCB pada indoor
  2. AC keluar ES atau menjadi ES. Ada dua faktor yang menyebabkan AC menjadi es. Pertama jika  evaporator terlalu kotor maka akan terjadi gumpalan es pada pipa besar. Kedua jika terjadi gumpalan es pada pipa kecil, berarti AC kekurangan gas freon. Kami sarankan untuk tidak menghidupkan AC terlebih dahulu untuk mencegah kerusakan yang lebih fatal pada AC Anda.
  3. AC outdoor sering mati hidup. kemungkinan setting suhu terlalu tinggi sehingga dengan beberapa waktu suhu ruangan sudah dingin sehingga outdoor diperintahkan mati oleh system. kemungkinan lain kerusakan juga terjadi pada sensornya yang biasa disebut Thermistor.
  4. AC tidak dapat diremote. kerusakan terjadi pada remote control atau kerusakan pad ACa sensor.
  5. AC mengeluarkan air. Kemungkinan terjadi serti point nomor 2 atau karena bak drainase AC pada indoor tersumbat.
Bila AC Anda mengalami hal-hal seperti diatas kami sarankan untuk segera memanggil jasa service ac untuk memperbaikinya. Dan jangan lupa untuk merawat AC anda dengan baik untuk menjaga kondisi AC Anda tetap optimal.

Sumber : Sewa AC & sumber lainnya.