Bagaimana Membangun Generator (Genset) Listrik

Kita tidak akan membangun sebuah genset listrik untuk menyediakan listrik rumah Anda. Sebaliknya, kita akan membangun sebuah experimen tentang generator. Prinsip yang sama berlaku untuk genset besar dan kecil.

Genset listrik dapat disebut konverter energi, karena mereka mengubah energi panas atau energi kinetik (energi dari gerak) menjadi energi listrik. Teori di balik sebuah penyewaan genset listrik adalah bahwa variasi medan magnet menghasilkan arus listrik melalui loop kawat. Ini cukup mudah untuk membangun sebuah genset listrik. Cukup ikuti instruksi berikut:

  1. Putuskan apa sumber energi yang akan dikonversi ke listrik. Anda dapat menggunakan apa pun yang memiliki poros berputar, seperti sepeda stasioner.
  2. Coil panjang kawat untuk membentuk lingkaran yang cukup besar, pastikan kedua ujung kawat dapat diakses. Semakin banyak gulungan Anda buat, semakin banyak listrik yang Anda akan menghasilkan.
  3. Hubungkan loop kawat untuk sumber energi Anda, misalnya poros sepeda. Pastikan loop didukung dengan baik dan tidak di jalan bagian yang bergerak dari sumber energi (seperti pedal, jika Anda menggunakan sepeda).
  4. Tempatkan magnet kuat di sekitar loop sehingga loop dapat berputar bebas di antara mereka. Anda ingin mengatur magnet untuk memaksimalkan kekuatan medan. Anda dapat melakukan ini dengan membuat kutub selatan satu magnet menghadapi kutub utara magnet lain.
  5. Lampirkan sumber energi Anda (misalnya poros sepeda) ke baterai besar.
  6. Aktifkan sumber energi Anda (misalnya duduk di sepeda dan mulai mengayuh).
  7. Anda baru saja menghasilkan listrik. [sumber: Powerfull, Proyek Ilmu]
Sumber energi yang di hasilkan di atas tergantung seberapa kuat anda mengkayuh sepeda. Energi ini sangat baik untuk bumi karena tidak mengeluarkan polusi, sehingga dapat di sebut eco-genset energy.