Dehumidifier vs Humidifier


Relatif kelembaban yang baik untuk kesehatan adalah 30 sampai 50%. Hal ini sangat menantang dalam kondisi ekstrim seperti panas kering atau terlalu lembab. Sebuah humidifier digunakan untuk meningkatkan tingkat kelembaban di udara dan dehumidifier mengurangi tingkat kelembaban udara. Sebuah Hygrometer adalah alat yang dapat digunakan untuk mengukur kelembaban daerah tertentu untuk memutuskan apakah humidifier atau dehumidifier diperlukan.
Perbandingan grafik


Dehumidifier
Humidifier
Tujuan
Untuk mengurangi kadar air di daerah sekitarnya.
Untuk meningkatkan kadar air di daerah sekitarnya.
Penggunaan
Selama iklim yang hangat / lembab di salah satu kamar atau ruang bawah tanah atau seluruh rumah.
Selama musim dingin atau saat udara dingin dan kering di salah satu ruangan atau seluruh rumah.
Aplikasi
Direkomendasikan untuk mengurangi alergi dengan menghilangkan jamur, tungau debu dan embun ringan dari udara Cocok untuk melembabkan kulit kering dan hidung yang kering karena flu biasa.
Humidifier bekerja lebih baik di kamar anak-anak.

Tingkat Kelembaban
Digunakan di mana kelembaban lebih besar dari 50%
Digunakan di mana kelembaban kurang dari 35%
Jenis
Mechanical / refrigerative, Air conditioner, Adsorpsi / pengering, elektronik, membran ionik,sementara
Kabut hangat dank abut dingin

 Apa Itu Humidifier?

Sebuah tingkat kelembaban yang rendah dapat menyebabkan kulit kering dan gatal atau bibir pecah-pecah. Tingkat kelembaban yang lebih besar dari 50% dapat menyebabkan tumbuhnya spora jamur, bakteri dan tungau debu. Kelembaban 40% diperlukan untuk instrumen musik untuk mencegah mereka rusak atau retak.

Dalam video berikut, Dr Ari Brown menjelaskan penggunaan humidifier di kamar bayi.
 
Apa itu Dehumidifier?

Sebuah tempat dengan suhu
 dan kelembaban relatif yang tinggi membutuhkan kelembaban harus ditarik keluar dari udara. Udara lembab membantu pertumbuhan jamur, tungau debu dan spora yang memperburuk alergi. Dehumidifier menghilangkan kelembaban dari udara dan cocok untuk iklim ini. Bila anda hanya ingin mencobanya silahkan untuk datang ke rental dehumidifier terdekat.

Apakah Anda memerlukan humidifier atau dehumidifier?

Kelembaban relatif dari suatu tempat tertentu adalah faktor penentu dalam memilih salah satu. Tingkat kelembaban 35 sampai 50% dianggap sehat. Berdasarkan tingkat kelembaban ruangan, dehumidifier dan humidifier membantu mendapatkan tingkat ini.

Tingkat Kelembaban Optmimum

Virus flu berkembang
dengan baik saat kelembaban lebih dari 98% atau antara nol dan 50%. Jadi Dr Linsey Marr, seorang peneliti di Virginia Tech, merekomendasikan menjaga tingkat kelembaban sekitar 50% (tetapi tidak lebih dari 60%, karena dapat menyebabkan penumpukan jamur) untuk tidak memberikan virus flu kesempatan untuk bertahan.

Jenis Dehumidifiers

  • Mekanikal / refrigerative - ini adalah jenis yang paling umum dan biasanya bekerja dengan menggambar udara lembab di atas kumparan didinginkan dengan kipas kecil. Udara mengembun pada kumparan dan dikumpulkan dalam ember menetes. Tipe ini efektif bila suhu lingkungan lebih tinggi dan kelembaban relatif lebih tinggi dari 45% udara dingin
  • Air conditioner - Mereka inheren bertindak sebagai penurun.
  • Adsorpsi / pengeringSebuah pengering berfungsi khusus untuk menyerap bahan yang terkena udara yang dikondisikan. Bergerak sepanjang sabuk. lalu dipanaskan di tempat lain untuk menghilangkan kelembaban dan digunakan kembali. Tipe ini cocok untuk tempat dengan kelembaban tinggi pada suhu rendah. Kemampuan mereka untuk mencapai tingkat kelembaban 35% atau lebih rendah memungkinkan mereka untuk digunakan dalam sektor industri.
  •  Elektronik - dehumidifier elektronik menggunakan pompa panas Peltier untuk menghasilkan permukaan yang dingin untuk mengembunkan uap air dari udara. Hal ini bagian yang bergerak dan karenanya lebih tenang. Tetapi memiliki efisiensi energi yang rendah dan desain ini digunakan untuk humidifier kecil.
  •  Ionic membran - Sebuah jenis khusus membran ionik dapat digunakan sebagai pompa ion untuk memindahkan kelembaban masuk atau keluar dari kandang tertutup yang digunakan di banyak bidang industri seperti teknologi sel bahan bakar, teknik kimia, dan untuk perbaikan air. Hal ini dilakukan pada tingkat molekuler dan karenanya tidak ada air cair terlihat diproduksi.
  • Pengganti sementara- Jendela unit AC pada dasarnya beroperasi mirip dengan penurun mekanik / refrigerative. Oleh karena itu, ini dapat digunakan sebagai penurun darurat dengan mengirimkan knalpot panas mereka kembali ke dalam ruangan.

Bagaimana memilih dehumidifier

Video ini oleh Consumer Reports memberikan tips tentang cara untuk memilih dehumidifier.


Jenis humidifier
  • ·         Humidifier Berkabut hangat / Warm Mist Humidifiers
o   Uap humidifier - Air yang mendidih dilepaskan ke dalam ruangan dalam bentuk uap. Sebuah inhalansia obat bisa menguap bersama dengan air.
  • ·         Humidifier Berkabut Dingin / Cool Mist Humidifiers
o   Impeller humidifier - Sebuah disk berputar melemparkan air pada diffuser yang memecah air menjadi tetesan halus. Tetesan keluar sebagai kabut kabut dingin.
o   Ultrasonic humidifier - Sebuah diafragma ultrasonik bergetar pada frekuensi yang sangat tinggi memecah air menjadi tetesan halus yang keluar sebagai kabut dingin. Jenis humidifier adalah diam.
o   Wick / menguapkan humidifier - sumbu adalah filter yang menyerap air dari reservoir. Sumbu menyediakan luas permukaan yang lebih besar untuk air menguap. Sebuah kipas pukulan udara untuk membantu penguapan.

Bagaimana memilih humidifier

Berikut ini adalah panduan membeli untuk berbagai jenis humidifier yang mencantumkan gejala, ukuran dan manfaat:

Pemeliharaan

Baik humidifier dan dehumidifier membutuhkan perawatan rutin.

Pemeliharaan Humidifier

  • Jangan biarkan air berada di wadah penyimpanan air dalam jangka waktu lama karena hal ini dapat mengakibatkan infeksi bakteri dan pembentukan cetakan. Bersihkan tangki dan penyaring secara teratur.
  • Bilas tangki setelah membersihkan untuk menghindari bahan kimia berbahaya yang dilepaskan.
  • Jaga daerah sekitar humidifier untuk tetap kering.
  • Gunakan air suling atau air bebas mineral.
Pemeliharaan Sebuah Dehumidifier
  • Jaga agar coil dan ember tetap bersih.
  • Periksa coil dari pembentukan es atau salju karena embun atau es yang membeku mengurangi efisiensi.
Kapasitas Penilaian

Kapasitas output humidifier diukur
berdasarkan galon air per hari. Sebuah unit dengan kapasitas tangki yang lebih besar tidak perlu terlalu sering untuk diisi ulang. Kapasitas dehumidifier diukur sebagai jumlah liter air yang dikeluarkan dalam waktu 24 jam.

Konsumsi energi humidifier adalah lebih rendah daripada dehumidifier. Terlepas dari efisiensi energi, kedua peralatan ini digunakan
secara bergantian tergantung pada kondisi suatu ruangan.