5 Kesalahan yang Perlu Dihindari Seputar Air Conditioner



Menurut beberapa perkiraan, bagi sebagian besar rumah beriklim hangat, penggunaan AC mencapai hingga 70 persen di setiap bulannya. Namun, sayangnya dari banyaknya penggunaan tersebut, terdapat banyak kesalahan pula seputar AC, mulai dari pembelian hingga penggunaannya. Berikut adalah 5 kesalahan terbesar pada AC menurut jasa rental AC Quality Technic:

Kesalahan No. 1: Membeli AC yang terlalu besar
Lebih besar tidak selalu lebih baik. Banyak orang cenderung untuk mendapatkan AC yang lebih besar, dengan asumsi itu akan membuat lebih dingin. Namun, AC berukuran besar tidak akan menghasilkan suhu yang seragam atau mengurangi kelembaban. Pilih saja AC dengan ukuran yang pas untuk ditempatkan di salah satu ruang di rumah Anda.

Kesalahan No 2: Menempatkan AC di ruang yang terkena banyak sinar matahari
Penempatan AC dengan cara tersebut akan membuat unit bekerja terlalu keras. Sebaliknya, memasang AC di tempat teduh seperti di sisi timur atau utara rumah, di mana ia akan menerima lebih sedikit sinar matahari.

Kesalahan No 3: Menyembunyikan AC
AC mungkin tidak cantik, tapi bukan juga barang yang dapat Anda letakkan sesuai kehendak Anda. Jangan mencoba untuk menyembunyikan AC di balik semak-semak atau tempat sembunyi lainnya. Ini akan menghambat ventilasi, menyumbat kumparan kondensor dan membuat AC berjalan kurang efisien.

Kesalahan No 4: Mengabaikan Pemeliharaan
Banyak pemilik rumah mengabaikan perawatan dasar yang dapat meningkatkan efisiensi dan kenyamanan, dan memperpanjang umur AC. Bersihkan atau ganti filter setidaknya setiap 2 bulan sekali. Jika digunakan terus-menerus atau filter banyak debu atau bulu hewan peliharaan, periksa filter dengan lebih sering. Juga memeriksa dan membersihkan evaporator coil setahun sekali. Jalankan kawat kaku melalui saluran-saluran AC secara teratur, dan memeriksa segel jendela di sekitar ruang AC setiap tahunnya. 

Kesalahan No 5: Meninggalkan AC beraktivitas sehari penuh
Gunakan program termostat atau individu Unit timer untuk mulai mengatur hidup dan matinya AC pada rumah sebelum Anda pulang dari kerja. Hal ini merupakan langkah yang lebih efisien daripada meninggalkan AC berjalan sepanjang hari.