Pertahankan Air Conditioner Anda! (Part 1)

 
Penting untuk Anda ketahui bahwasanya filter AC, koil, dan sirip memerlukan pemeliharaan rutin guna mempertahankan AC tetap berfungsi secara efektif dan efisien sepanjang tahun. Mengabaikan pemeliharaan yang diperlukan dipastikan dapat menuruni kinerja AC, padahal penggunaan energi terus meningkat. Untuk ulasan kali ini kami akan memberi tips pemeliharaan sirip koil dan filter AC.

FINS COIL
Tahukah Anda bahwa sirip aluminium pada evaporator dan kondensor kumparan mudah bengkok dan dapat menghalangi aliran udara melalui koil. Unuk mengatasinya pakailah alat yang disebut "sisir sirip". Anda dapat menemukan alat tersebut di beberapa sewa AC grosir.

FILTER AC
Tugas pemeliharaan yang paling penting yang akan menjamin efisiensi AC Anda yaitu secara rutin mengganti atau membersihkan filter-nya. Tersumbat, filter kotor akan memblokir aliran udara normal dan mengurangi efisiensi sistem secara signifikan. Jika aliran udara yang normal terhambat, udara yang melewati filter dapat membawa kotoran langsung ke koil evaporator dan merusak kapasitas penyerap panas kumparan. Mengganti filter yang kotor dengan yang bersih dapat menurunkan konsumsi energi AC Anda sebesar 5% - 15%.
Untuk AC sentral, filter umumnya terletak di suatu tempat di sepanjang saluran itu. Lokasi penyaring yang umum adalah pada dinding, langit-langit, tungku, atau di AC itu sendiri. AC kamar memiliki penyaring yang dipasang di panggangan yang menghadap ke dalam ruangan.
Bersihkan atau ganti Anda setiap bulan atau dua bulan sekali selama musim pendinginan. Filter mungkin perlu lebih sering, perhatian jika AC sedang digunakan konstan, terkena kondisi berdebu, atau Anda memiliki hewan peliharaan berbulu di rumah.

Pembahasaan bagian yang lain akan dibahas pada artikel selanjutnya.