Pertahankan Air Conditioner Anda ! (Part 2)

Selain filter dan sirip koil, masih ada bagian lain yang juga perlu Anda perhatikan untuk tetap mempertahankan kinerja AC Anda.

GULUNGAN AC
Evaporator koil dan kondensor koil pada AC akan mengumpulkan kotoran selama berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun. Seringlah membersihkan filter guna mencegah kumparan menjadi lebih cepat kotor. Kotoran evaporator mampu mengurangi aliran udara dan insulates kumparan, mengurangi kemampuannya untuk menyerap panas. Untuk menghindari masalah ini, periksa evaporator koil Anda setiap tahun dan membersihkannya seperlunya. 

Luar kumparan kondensor juga bisa menjadi sangat kotor jika lingkungan luar berdebu atau jika ada dedaunan di sekitarnya. Lihatlah kumparan kondensor dan perhatikan apakah kotoran mengumpul pada sirip. 

Anda harus meminimalkan kotoran dan puing-puing di dekat unit kondensor. Pengering ventilasi Anda, daun jatuh, dan mesin pemotong rumput semua potensi sumber kotoran dan puing-puing. Membersihkan daerah sekitar kumparan, menghapus setiap puing-puing, dan pemangkasan daun kembali setidaknya 2 kaki (0,6 meter) memungkinkan aliran udara yang memadai di sekitar kondensor.

Saluran Air CONDENSATE
Berhati-hatilah bila saluran pembuangan pada AC tersumbat, karena dapat membuat unit kelebihan kelembaban yang kelak dikhawatirkan dapat mengubah warna dinding atau karpet. 

Mempekerjakan PROFESIONAL
Ketika AC Anda membutuhkan lebih dari pemeliharaan rutin, nampaknya Anda perlu menyewa seorang teknisi layanan sewa ac profesional. Ia akan menemukan dan memperbaiki masalah dalam sistem pendingin udara Anda. 

Teknisi harus:
  • Periksa jumlah refrigeran yang benar.
  • Uji kebocoran refrigeran menggunakan detektor kebocoran .
  •  Menangkap refrigeran yang harus dievakuasi dari sistem, bukan ilegal melepaskannya ke atmosfer.
  • Periksa dan menutup saluran kebocoran dalam sistem pusat.
  • Mengukur aliran udara melalui kumparan evaporator.
  • Verifikasi urutan kontrol listrik yang benar dan memastikan bahwa sistem pemanas dan sistem pendingin tidak dapat beroperasi secara simultan.
  • Periksa terminal listrik, bersihkan dan kencangkan koneksi, serta menerapkan lapisan non-konduktif jika diperlukan.
  • Periksa keakuratan thermostat.