10 Kesalahan Air Conditioner (AC) yang Harus Dihindari

Untuk kebanyakan rumah yang berada di lingkungan beriklim hangat, diperkirakan penggunaan AC biasanya memakan 70 persen dari total tagihan listrik di rumah. Namun, ada cara untuk mengurangi beban ini dengan mengubah kebiasaan penggunaan AC. Kali ini team Sewa AC Quality Technic akan memberikan 10 tips kesalahan Air Conditioners yang harus dihindari. Berikut adalah kesalahan AC terbesar yang biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang, dan bagaimana cara untuk mengurangi penggunaan dan tagihan listriknya.

Kesalahan No 1: Ukuran AC terlalu besar
Tidak selamanya yang besar adalah yang terbaik. Banyak orang cenderung untuk mendapatkan AC yang lebih besar, dengan asumsi itu akan membuat rumah dingin dengan lebih cepat. Namun, AC yang terlalu besar justru tidak akan menghasilkan suhu yang lebih dingin atau menurunkan kelembaban dengan cepat. Tentu saja, satu unit AC mungkin terlalu kecil untuk benar-benar bisa mendinginkan sebuah ruangan. Nah, untuk mengetahui ukuran AC yang benar, mulailah dengan ini membaca lembar laporan konsumen.

Kesalahan No 2: Menempatkan Air Conditioner di tempat yang panas
Ini mungkin tampak mudah untuk menempatkan AC di tempat yang tidak terpakai di sisi barat daya rumah. Namun, penempatan tersebut justru akan membuat AC bekerja terlalu keras. Sebaliknya, pemasangan AC di tempat teduh di sisi timur atau utara rumah, akan lebih baik karena mereka akan menerima lebih sedikit sinar matahari langsung. 

Kesalahan No 3: Menyembunyikan Air Conditioner
Bentuk dari AC mungkin tidaklah indah, tapi menyimpannya ditempat tersembunyi akan membuat tagihan listrik Anda membengkak. Untuk itu jangan mencoba untuk menyembunyikan AC di balik semak-semak atau tanaman lainnya. Ini akan menghambat ventilasi, menyumbat kondensor koil dan membuat AC berjalan kurang efisien.

Kesalahan No 4: Mengabaikan Pemeliharaan
Mungkin banyak orang menganggap AC tidak memerlukan perawatan khusus, padahal anggapan tersebut salah besar. Banyak pemilik rumah mengabaikan perawatan dasar pada AC yang sebenarnya justru bisa meningkatkan efisiensi dan kenyamanan penggunanya, selain itu juga bisa memperpanjang umur AC. Bersihkan atau ganti filter setidaknya setiap dua bulan sekali. Jika digunakan terus-menerus atau pada bagian filter terdapat banyak debu sebaiknya Anda memeriksa bagian filter lebih sering. Selain itu jangan lupa untuk memeriksa dan membersihkan evaporator coil setahun sekali. Jalankan saluran kabelnya melalui saluran AC secara teratur, dan memeriksa segel jendela di sekitar ruangan AC setiap tahunnya.

Kesalahan No 5: Menghidupkan AC sepanjang hari
Gunakan program termostat atau timer mandiri untuk mulai mendinginkan rumah sebelum Anda pulang dari kerja. Ini akan lebih murah dan lebih efisien dibandingkan membiarkan AC berjalan sepanjang hari.

Kesalahan No 6: Menutup Ventilasi yang tidak digunakan
Ada banyak pendapat yang bervariasi pada ruangan ber AC salah satunya dengan menutup semua ventilasi atau pintu kamar yang tidak terpakai. Namun hal ini justru dapat menurunkan efisiensi dari sistem AC utama. Berkonsultasilah dengan ahli sebelum menutup setiap bagian rumah di musim panas. Jangan lupa untuk berhati-hati untuk menutup setiap kamar yang mungkin memiliki termostat.

Kesalahan No 7: Menurunkan suhu
Jika kamu biasanya sudah cukup merasa nyaman dengan suhu 78 derajat maka tidak perlu kamu turunkan hingga 70 derajat dengan harapan ruangan akan dingin lebih cepat. Kebiasaan ini hanya akan membuang lebih banyak energi dengan menggunakan suhu yang terlalu rendah.

Kesalahan No 8: Memanaskan thermostat
Pastikan lampu, televisi, stereo atau generator dan benda-benda panas lainnya tidak cukup dekat dengan thermostat karena hal ini akan menaikkan suhu dan membuat AC bekerja lebih keras.

Kesalahan No 9: Tidak Menggunakan kipas angin
Banyak orang berpikir AC adalah pengganti kipas angin jadi kalau sudah pakai AC tidak perlu lagi menggunakan kipas angin. Sebaliknya, mereka justru harus digunakan bersama-sama. Menurut Energy Star, pastikan kipas diaktifkan untuk mendorong udara ke bawah (biasanya berlawanan arah jarum jam) sehingga memberikan efek dingin.

Kesalahan No 10: Penggunaan kipas yang salah
Penggunaan kipas angin di dapur dan kamar mandi dapat mendorong udara dingin dari AC keluar rumah. Mereka tidak boleh digunakan kecuali benar-benar diperlukan pada musim panas.