Masalah-Masalah Umum yang Biasa Terjadi pada AC


Salah satu masalah AC yang paling umum adalah pengoprasiannya yang tidak benar. Jika AC Anda aktif, pastikan untuk menutup jendela rumah dan pintu luar. Untuk AC yang berada di kamar, sebisa mungkin mengisolasi ruangan atau sekelompok ruangan di seluruh rumah Anda. Masalah umum lainnya adalah hasil instalasi yang rusak, prosedur layanan yang buruk, dan pemeliharaan yang tidak memadai. Instalasi yang tidak benar pada AC utama dapat mengakibatkan kebocoran saluran dan aliran udara yang rendah. Seringkali kali, muatan refrigeran (jumlah refrigeran dalam sistem) tidak sesuai dengan spesifikasi produsen. Jika pengisian refrigeran yang dilakukan pada saat instalasi tidak tepat, maka kinerja dan efisiensi unit akan terganggu. Teknisi layanan rental AC yang tidak memenuhi syarat sering gagal untuk menemukan masalah pada pengisian refrigerant atau bahkan memperburuk permasalahan yang ada dengan menambahkan refrigeran ke sistem yang sudah penuh.
Berikut ini beberapa daftar masalah yang biasa terjadi pada AC dan apa yang harus Anda perhatikan:

KEBOCORAN REFRIGERAN
Jika AC Anda termasuk yang rendah refrigeran, biasanya hal ini terjadi karena kurangnya pengecasan pada saat instalasi atau akibat adanya kebocoran. Jika terjadi akibat kebocoran, maka menambahkan refrigeran bukanlah sebuah solusi. Seorang teknisi terlatih harus memperbaiki kebocoran tersebut, menguji perbaikannya, dan kemudian mengisi sistem dengan jumlah refrigeran yang benar. Ingat bahwa kinerja dan efisiensi terbaik dari AC Anda ialah saat muatan refrigerant sesuai dengan spesifikasi dari pabrik, tidak kurang ataupun kelebihan pada saat pengecasan. Selain itu kebocoran refrigerant juga dapat berbahaya bagi lingkungan.  

PERAWATAN KURANG MEMADAI
Jika Anda membiarkan filter dan kumparan AC menjadi kotor, maka AC tidak akan berfungsi, dan kompresor atau kipas cenderung rusak sebelum waktunya.

KEGAGALAN PENGENDALIAN LISTRIK
Kompresor dan kipas kontrol dapat menjadi aus, terutama ketika AC sering dinyala matikan, seperti yang biasa terjadi ketika sistem terlalu besar. Karena adanya korosi pada kawat dan terminal seringkali menjadi masalah, maka sambungan listrik dan kontak harus terus diperiksa secara berkala.

MASALAH SENSOR
AC Kamar memiliki sensor termostat, terletak di belakang panel kontrol, yang mengukur suhu udara yang masuk ke kumparan. Jika sensor melenceng dari posisi, maka siklus AC bisa terjadi  terus-menerus atau bekerja tidak konsisten. Letak sensor harus berdekatan dengan kumparan tetapi tidak boleh menyentuhnya; sesuaikan posisinya dengan menekuk kawat yang menahan di tempatnya dengan hati-hati.

MASALAH DRAINASE

Saat kondisi di luar sedang lembab, maka periksalah saluran kondensasi untuk memastikannya tidak mengalami penyumbatan dan lakukan pengurasan dengan benar. AC yang berada di kamar mungkin tidak menguras dengan baik jika tidak dipasang di tempat yang tinggi.