Kenapa Kita Butuh Air Conditioner (AC)?

Sangat panjang dan sangat mudah untuk memahami bahwa kita perlu AC karena suhu disekitar kita sangat tinggi dan semakin panas setiap tahunya. Benar, itulah salah satu alasan utama kita merasa panas dan tubuh kita perlu untuk mendapatkan ketenangan diri. Di sekitar kita ada sejumlah sumber lain yang melepaskan panas di dalam ruangan yang mengarah pada kenaikan suhu ruangan yang menyebabkan kondisi tidak nyaman. Mari kita lihat beberapa sumber panas yang dihasilkan di dalam ruangan.  
  • Panas dari matahari
Mata hari adalah penyebab utama panas selama musim panas dan juga merupakan sumber utama pembangkit panas di alam semesta. Sinar matahari memasuki ruangan melalui jendela, dinding dan atap ruangan, dll ini adalah penyebab utama dari produksi panas di dalam ruangan. Panas ini meningkatkan suhu di dalam ruangan dan membuat kita merasa tidak nyaman.
Jumlah total panas yang dihasilkan di dalam ruangan karena matahari tergantung pada arah atau keselarasan ruang terhadap matahari. Dalam jumlah panas yang maksimum dipagi hari diserap dari dinding dan jendela ke arah timur. Selama siang jumlah maksimum panas yang diserap oleh dinding dan jendela ke arah selatan dan pada akhir siang panas maksimum datang di dalam ruangan dari dinding dan jendela ke arah barat.

Dinding juga cenderung menyimpan panas untuk selang beberapa waktu yang panjang. Panas yang diserap oleh dinding sepanjang hari cenderung dirasakan di dalam ruangan pada malam hari sehingga menambah panas ke ruang bahkan di malam hari.
  • Panas yang dihasilkan oleh manusia
Tubuh manusia adalah seperti sebuah mesin. Sementara mesin mengkonsumsi bahan bakar dan menjalankan kendaraan, tubuh manusia mengkonsumsi makanan dan melakukan pekerjaan. Karena pembakaran bahan bakar, banyak panas yang dihasilkan di dalam mesin, yang dihasilkan oleh knalpot. Di dalam tubuh manusia juga kalori dalam makanan yang dibakar. Bagian dari kalori yang digunakan untuk melakukan pekerjaan sementara sisa kalori menghasilkan panas di dalam tubuh, yang harus dibuang ke atmosfer. Dengan demikian manusia menghasilkan banyak panas di dalam ruangan dan yang menyebabkan peningkatan suhu di dalam ruangan dan penciptaan kondisi tidak nyaman. Adanya orang disekitar kita didalam satu ruangan juga menghasilkan peningkatan suhu pada tubuh kita, panas total yang dirasakan oleh manusia juga meningkat.
  • Peralatan listrik dan elektronik
Di semua kamar ada beberapa atau peralatan listrik dan elektronik lainnya. Terdapat lampu tabung, pembuat kopi, pemanas air dan kaca, ini juga memainkan peran penting dalam peningkatan suhu panas di dalam ruangan, peningkatan suhu dan menciptaan kondisi tidak nyaman. Mesin pembuat kopi dan kaca, pemanas air juga dapat meningkatkan kelembaban dalam ruangan.

Karena berbagai sumber di atas kita sebagai manusia membutuhkan AC atau kita dapat juga menggunakan jasa sewa AC dari beberapa perusuhaan rental AC. Panas suhu di dalam ruangan menjadi sangat tinggi dan kelembaban relatif juga bisa tinggi. Semua faktor ini menyebabkan penciptaan kondisi yang sangat tidak nyaman di dalam ruangan.

Sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh berbagai insinyur HVAC, ditemukan bahwa tubuh manusia merasa nyaman pada 25 derajat Celcius dari suhu, kelembaban relatif 50% dan dengan aliran udara yang cukup bersih

AC menghilangkan semua panas yang dihasilkan di dalam ruangan dan mempertahankan suhu agar tetap nyaman bagi manusia yaitu 20 derajat Celcius. Hal ini juga menghilangkan jumlah kelebihan uap air dari udara dan mempertahankan kelembaban relatif 50%. AC memiliki kipas yang menghasilkan aliran udara yang diperlukan dan filter menghilangkan semua debu dan kotoran partikel dari udara.

Singkatnya AC menghasilkan kondisi kenyamanan di mana manusia cenderung merasa sangat nyaman. Dalam kondisi ini efisiensi kerja manusia menjadi maksimum, maka mereka mampu bekerja dengan semangat yang lebih besar.

Keuntungan dari AC

Berikut adalah beberapa keuntungan bekerja di lingkungan udara yang nyaman:
  • Efisiensi manusia meningkat
Telah dilakukan oleh penelitian bahwa ketika kondisi kenyamanan saat bekerja kapasitas kerja manusia akan meningkat. Jika suhu kamar sangat tinggi, tidak semua panas dari tubuh dilepaskan kedalam ruangan dan orang merasa tidak nyaman dari dalam yang menyebabkan iritasi pikiran dan kurang konsentrasi. Orang juga cenderung cepat bosan dalam suhu panas. Pada kondisi kenyamanan yang diciptakan oleh AC, orang merasa damai dari dalam dan mampu bekerja lebih efisien. Udara bersih lebih membantu manusia melakukan lebih banyak pekerjaan.
  • Kesehatan yang lebih baik
AC membantu sirkulasi udara disaring di dalam ruangan atau kantor. Udara ini bebas dari debu dan kotoran partikel, asap, mikroorganisme, bakteri dll Karena lingkungan yang sehat ini dibuat di dalam ruangan dan kesehatan orang ditingkatkan.
  • Tidak Berisik
Jendela kamar atau kantor yang ber-AC dan ditutup, karena suara yang tidak berisik dari luar ini tidak akan memasuki kamar. Bahkan suara dari AC model sekarang sangatlah halus. Karena ini lah AC menghasilkan ketenangan di dalam kamar, yang memberikan tidur yang nyenyak di malam hari dan AC juga menjaga suasana nyaman di dalam rumah sakit dan tempat pertunjukan.