5 Tips Mengadakan Pesta Pernikahan di Luar Ruangan

Mengadakan pesta pernikahan yang berkesan merupakan dampaan bagi banyak orang, karena bisa dipastikan pesta pernikahan yang hanya sekali dapat memberikan kenangan yang manis dan mengesankan sepanjang hidup. Menyelenggarakan pesta pernikahan tidak di dalam gedung pertemuan atau bisa disebut dengan pesta pernikahan outdoor menjadi trend saat ini untuk sebagian orang. Menyelenggarakan pesta pernikahan di area terbuka dengan pemandangan dan langit yang indah tentunya dambaan bagi setiap pasangan pengantin dan tentunya semua undangan yang hadir.

Menyelenggarakan pesta pernikahan outdoor harus direncanakan secara matang dan seksama, agar acara dapat berjalan dengan lancar, aman dan nyaman. Tak hanya masalah katering dan dekorasi, faktor cuaca yang sewaktu-waktu bisa berubah-ubah setiap saat merupakan hal utama yang harus diperhatikan.


Kami Tim Quality Group telah merangkum 5 hal yang perlu menjadi perhatian penting ketika akan menyelenggarakan pesta pernikahan di luar gedung pertemuan. Salah satu yang menjadi perhatian banyak pasangan pada beberapa tahun terakhir ini adalah bagaimana merencakan pesta pernikahan outdoor. Konsep pesta pernikahan outdoor dianggap lebih menarik dan dapat memberikan kesan lebih romantis dibandingkan dengan pernikahan di dalam ruangan. Berikut ini 5 tips dan trik merencanakan pesta pernikahan outdoor:

1. Lokasi
Beberapa pilihan lokasi yang terbaik untuk pesta resepsi pernikahan outdoor diantaranya adalah taman, pantai, hutan kota, tepi danau, bukit/pegunungan, lapangan golf, dan lain-lain. Sesuaikan luas tempat dengan jumlah tamu undangan. Pertimbangkan juga mengenai posisi dan tata letak semua kursi dan panggung sehingga terlihat serasi dengan lingkungan taman. Pilih lokasi sesuai keinginan Anda dan pasangan Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan infrastruktur dasar, seperti toilet, jika tidak ada bangunan toilet bisa diantisipasi dengan toilet portable, kebutuhan listrik, untuk beberapa lokasi biasanya tidak terdapat sumber energi listrik, hal ini dapat kita antisipasi dengan cara sewa genset dengan kapasitas daya yang disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Cuaca
Akan lebih baik jika Anda menyelenggarakan pesta resepsi pernikahan ketika musim kemarau, sehingga para tamu undangan bisa datang ke pesta Anda tanpa ada hambatan hujan maupun banjir di jalan menuju lokasi, karena di musim kemarau sangat disarankan untuk menggunakan sewa AC ataupun sewa misting fan untuk membuat kondisi udara di dalam lokasi acara menjadi nyaman. Namun adapula bagi beberapa orang yang tetap merencanakan pesta resepsi pernikahan pada musim penghujan. Apapun pilihan waktu yang Anda inginkan baik itu di musim kemarau atau musim hujan, pesta resepsi pernikahan diarea terbuka harus menggunakan tenda sebagai naungan dari terik matahari dan air hujan, tenda yang digunakan bisa berupa tenda pernikahan biasa ataupun tenda roder yang seperti tenda hanggar, pastikan Anda mendapatkan perusahaan jasa yang menyediakan sewa tenda yang profesional.

3. Gaun dan Dresscode
Pesta resepsi pernikahan outdoor cenderung lebih repot, pastikan Anda memilih gaun yang terkesan simple, pemilihan gaun untuk tema pernikahan outdoor menentukan anggaran dan vendor yang akan digunakan. Selain gaun pengantin cantumkan dresscode pada undangan, agar tamu undangan akan merasa lebih nyaman menikmati pesta pernikahan outdoor dengan memakai busana yang tepat. jangan lupa menyantumkan di undangan pernikahan bahwa acara di adakan di tempat terbuka, agar tamu undangan tidak salah kostum.

4. Dekorasi
Dekorasi yang tepat untuk acara resepsi pernikahan outdoor adalah dekorasi yang simple dan tidak menggunakan ornamen-ornamen yang terlalu banyak, sesuaikan dekorasi dengan tema pernikahan Anda sehingga acara terlihat manis dan sempurna.

5.Makanan
Mintalah saran dari vendor katering untuk jenis dan keamanan pelayanan dan penyajian makanan. Lebih baik mempertimbangkan segala kemungkinan terburuk yang dapat terjadi, sehingga Anda tidak perlu membuang begitu banyak makanan yang telah dipersiapkan pada pesta pernikahan.