Apakah Saya Membutuhkan Dehumidifier?

Kelembapan udara yang tinggi berdampak negatif dengan kenyamanan pribadi, dengan tingginya kelembapan udara dapat memperburuk kondisi kesehatan seperti alergi dan asma. Kelembaban yang tinggi juga dapat merusak perangkat elektronik, piano, kamera, buku dan pakaian. Kelembapan berlebih menyebabkan kerak, mengupas wallpaper, warping kayu dan terik cat, serta bau apek. Untuk mengatasi keluhan tersebut diperlukan sebuah piranti yang mampu mengurangi kelembapan udara yang tinggi, yaitu dengan dehumidifier.

Apakah saya membutuhkan dehumidifier?

Bahkan jika Anda memiliki ac di rumah, dehumidifier mungkin masih menjadi suatu keharusan. Dalam kamar seperti ruang bawah tanah dan ruang cuci, di mana kelembaban lebih tinggi karena kondisi alam atau di mana AC mungkin tidak mencapai, dehumidifier akan membantu, terutama dalam mengurangi bau apek.

Sebuah dehumidifier membantu menjaga kondisi kelembapan relatif yang ideal (RH tingkat) di rumah. Selama musim panas, 50% RH dianjurkan. Di musim dingin, serendah 30% RH dapat diterima, terutama jika kondensasi meningkat di dalam rumah Anda.

Bagaimana sebuah dehumidifiers bekerja?
Udara luar ditarik "paksa" oleh kipas pendingin dan melalui suatu kumparan untuk menghilangkan uap air. Tergantung pada model, kelembaban kental kemudian menetes dari kumparan ke dalam ember / baskom atau dapat dipompa keluar dari unit. Udara yang lebih dingin dikeluarkan kembali ke dalam ruangan.

Memilih Dehumidifier Tepat
Pertimbangkan faktor-faktor utama ketika memilih untuk sewa dehumidifier Anda:
  • Lokasi yang ingin dehumidifi (hitung luas dan volume ruangan tersebut) 
  • Metode yang Anda ingin mengurangi udara yang dikumpulkan oleh dehumidifier 
  • Kinerja energi unit


Cara Gunakan Dehumidifier
Ikuti petunjuk pengunaan yang terdapat di setiap kemasan produk. Setelah benar membongkar unit dan menghapus semua rekaman pengiriman menjaga ember di tempat, Anda juga harus memeriksa ember internal untuk memastikan saklar pelampung tidak terlepas (lihat instruksi manual).

Ketika Anda menghidupkan dehumidifier pada untuk pertama kalinya, mengatur tingkat RH ke terkering (tertinggi) pengaturan mungkin untuk menstabilkan ruangan kelembaban. Kebanyakan unit memiliki pengaturan RH serendah 30% dan setinggi 90%. Setelah beberapa siklus, mengatur humidistat otomatis unit untuk pengaturan yang Anda inginkan.

Juga ingat:
  • Mempertahankan aliran udara terbatas. Unit dengan ventilasi di atas mungkin duduk siram dinding. Unit dengan ventilasi di bagian belakang dan samping membutuhkan 6 inci ruang sirkulasi dari dinding dan furnitur. 
  • Menjaga filter udara bersih dengan memeriksa secara teratur. Sebuah filter yang kotor membatasi aliran udara dan mempengaruhi kinerja unit. 
  • Membantu mengurangi kelembaban di rumah Anda dengan membersihkan selokan dan downspouts dan memastikan pengering ventilasi dan kipas angin bekerja dengan benar.
  • Plug dehumidifier ke yang sesuai kesalahan tanah sirkuit interrupter (GFCI) stopkontak. Tidak pernah menghapus cabang ketiga dari plug. 
  • Selalu cabut unit sebelum membersihkan. 
  • Untuk menghindari kemungkinan sengatan listrik, cabut mesin ketika mengosongkan wadah.