Dampak Negatif & Bahaya Air Buangan AC Terhadap Kesehatan

bahaya air buangan ac

Apakah Anda pernah memperhatikan air buangan AC? Jika kita perhatikan setiap unit AC menghasilkan buangan berupa air, tapi apakah air buangan dari AC berbahaya?

Untuk menjawab pertanyaan ini Kami dari tim Sewa AC Portable telah merangkum dari beberapa sumber menjadi sebuah artikel yang semoga dapat memberikan informasi yang berguna.


Dalam siklus prosesnya, AC menghasilkan air yang merupakan hasil kondensasi atau pengembunan udara dari lingkungan sekitar sehingga mengandung sedikit mineral dan memiliki suhu rendah.

Karakteristik air murni dapat diketahui dengan pengukuran konduktivitas. Suatu air dapat dikatakan air bebas mineral apabila batas maksimal konduktivitasnya 5 μS .

Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan percobaan dengan menggunakan resin penukar ion untuk menurunkan nilai konduktivitas, TDS, pH serta kadar logam yang terdapat dalam air AC.

Dampak Buruk Sisa Pembuangan Air AC


Pertukaran ion merupakan proses pertukaran kimia yaitu zat yang tidak dapat larut memisahkan ion bermuatan positif atau negatif dari larutan elektrolit dan melepaskan ion bermuatan sejenis ke dalam larutan yang secara kimiawi jumlahnya sama.

Proses pertukaran ion ini tidak menyebabkan perubahan struktur fisik dari resin penukar ion.

Pengukuran konduktivitas suatu larutan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan larutan untuk mengalirkan arus listrik.

Kemampuan ini tergantung pada kehadiran ion-ion, konsentrasi total ion, mobilitas, dan valensi, serta temperatur pada saat pengukuran.

Penghantaran arus listrik terjadi karena perpindahan ion-ion bermuatan. Oleh karena itu, dengan mengetahui besaran konduktivitas akan diperoleh gambaran atau perkiraan kadar ion-ion yang terlarut dalam air.

Nilai konduktivitas yang rendah menunjukkan bahwa air AC merupakan air yang bebas kandungan ion sehingga tidak mengantarkan arus listrik dan air AC ini dapat dikatakan air murni atau air bebas mineral.

Pada beberapa kesempatan air buangan dari AC dapat digunakan sebagai aquades pelarut bahan kimia dan digunakan untuk pelarut nutrisi tanaman.

Itulah alasan mengapa sisa pembuangan air AC berbahaya dan tidak boleh dibiarkan terlalu lama dalam ruangan. Ada baiknya bila memiliki sistem pembuangan air AC ke luar rumah, sehingga limbah tersebut tidak akan memberikan dampak buruk bagi orang di sekitar.