Perangkat dalam Paket Sound System

Apasaja perangkat-perangkat yang terdapat dalam paket sound system. Karena dalam dua kata ini terdapat kata "system" maka peralatan ini tidak bisa berdiri sendiri atau hanya dibilang sebagai bagian peralatan sound secara terpisah.

Semua peralatan dalam fungsi sistem olah suara harus saling mendukung antara satu dengan yang lain, maka bisa disebut satu sistem dalam kesatuan. Bila anda memiliki speaker tanpa ada power amplifier, maka speaker tersebut tidak akan menunjukkan fungsinya sebagai sistim pada sound.


Demikian juga bila anda sudah memiliki keduanya maka alat ini pun belum menunjukkan fungsinya sebagai sound system bila tidak ada microphone. Hal lain untuk dapat dikatakan sebagai sound system tentu harus ada penyuplai listrik di dalamnya agar bisa bekerja sesuai peruntukan dalam membentuk kasatuan bunyi dalam sistem sound. Jangan lupa dengan kabel, peralatan ini juga merupakan salah satu pendukung sistim dalam perangkat sound.

Perangkat atau Peralatan pada Sound Systems


Sebagai perkenalan kepada anda tentang apa saja peralatan utama dalam sound system adalah terdiri dari:

Bagian sumber bunyi

Sumber bunyi terdiri dari microphone dan input audio, input audio bisa datang dari DVD, komputer dan lainnya. sumber bunyi lainnya bisa berupa guitar listrik, keyboard/ electone dan lain-lain.

Bagian Pra audio (input channel)

Input channel bisa dibentuk dari masukan sinyal audio ke bagian mixer sound system yang mengambil prinsip gabungan beberapa OP Amp.

Bagian pengolah bunyi dan filtering frekuensi

Bagian ini meliputi equalizer yang bisa dipasang secara ekternal setelah mixer audio. Pada perangkat portable sound system hanya terdiri dari satu tombol level yang diberi nama TONE, maksudnya adalah pengatur audio ini hanya menyetel nada Low dan High saja.

Bagian crossover - Audio Distributor

Bagian ini berfungsi untuk mendistribusikan sinyal audio Low, middle dan High yang akan masuk ke bagian satu blok Amplifier

Bagian penguat level suara/ Amplifer (power Amplifier)


Bagian output transducer atau Loudspeaker
Speaker terdiri dari beberapa range respon bunyi, yaitu Woofer, Middle dan High (Horn Drive)