Tips Merancang Paket Sound System Untuk Ruang Rapat

Paket sound system untuk ruang rapat atau bisa di sebut dengan sound system conference room adalah peralatan yang sangat dibutuhkan untuk menghasilkan suara peserta rapat yang cukup keras didengar oleh peserta rapat yang berada dalam lingkup ruangan rapat dengan menggunakan beberapa Microphone.

Dalam suatu ruangan rapat seringkali dihadiri banyak peserta rapat yang mendengarkan dan mengikuti jalannya pembicaraan yang kadang saling berinteraksi antara pemimpin rapat dengan peserta, artinya ada tanya jawab suatu masalah yang dibahas.

Dengan banyaknya peserta yang akan berbicara dalam sebuah gedung yang cukup besar, maka suara narator atau pimpinan rapat perlu diperkuat sehingga suara bisa terdengar penuh dan pembahasan rapat dapat dipahami oleh semua audien secara menyeluruh dan efektif.

Satu paket sound system ruangan rapat terdiri dari microphone, microphone nirkable, mixer sound system console, amplifier, speaker, atau aktive speaker.

Berikut ini anda dapat melihat kriteria di bawah ini yang saya bagi dalam beberapa prioritas.

  1. Kondisi Ruang,
    Meja dan Kebutuhan Koneksi Kabel Speaker dan Kabel Audio lainnya
    Kondisi ini tentu berguna saat kita melakukan instalasi peralatan sound system terutama kabel. Apa saja peralatan yang hendak kita hubungkan ke Mixer dan juga Amplifier atau Speaker.

    Bagaimana ukuran ruang,  panjang lebar tinggi ruangan. Penempatan kabel harus terlihat rapi seolah tak terlihat. Bila operator Mixer berada di depan meja utama dengan jarak mungkin 15 meter atau lebih maka bisa menggunakan Snake Cable untuk menghubungkan posisi Mic yang ada di meja dan juga menghubugkan Mixer ke masing-masing Speaker system. Dalam Snake Cable biasanya terdapat connector I/O bus. Dengan demikian kita dapat merancang connector, jumlah input, jumlah speaker, daya dari amplifier, area jangkauan suara yang rata pada seluruh sisi ruangan.

  2. Jumlah Microphone Conference System
    Kita juga harus memperhitungkan berapa jumlah Microphone Conference permanen yang perlu dipasang pda masing-masing meja. Semakin banyak unit Microphone yang kita butuhkan tentu anda harus mempersiapkan anggaran yang banyak untuk melengkapinya.

  3. Jumlah Speaker Sound System yang Diperlukan
    Penentuan ukuran ruangan menjadi pertimbangan untuk menentukan posisi speaker dan jenis speaker yang cocok untuk ruang rapat. Speaker sound system yang berkualitas akan membuat suasana rapat tidak terganggu dengan kondisi trouble peralatan dan juga feedback pada sound system.