Fungsi-Fungsi Tombol dan Connector Pada Mixer Sound Systems


Pada saat kita menghadiri konser musik atau kontes musik atau acara yang berhubungan dengan suara, kita berdecak kagum dengan system audio yang di pakai atau suara dari penyanyi yang begitu menggema, jernih dan sangat bagus. Sehingga ketika mendengarnya menimbulkan kenikmatan. Tahukah kalian bahwa semuanya itu tidak terjadi begitu saja, ada sebuah alat yang dinamakan Mixer Sound System atau Mixer Audio. Apakah sebenarnya Mixer Sound System atau Mixer Audio itu?

http://www.qualitytechnic.com/sewa-sound-system.html
Mixer Sound System atau Mixer Audio adalah sebuah peralatan sound system yang kegunaannya untuk mencampur dua atau lebih dari Channel Audio Input untuk menjadikannya satu kesatuan sistem penyuaraan yang utuh. Di dalam dunia Audio Profesional, orang teknik menyebutnya Profesioanal Audio Desk Mixing Console, ada juga yang menyebutnya Mixer Audio dan ada juga yang menyebutnya FOH Mixer.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan fungsi-fungsi dari tombol dan connector (Jack) pada Mixer Sound System secara singkat.

Berikut dibawah ini fungsi-fungsi dari tombol dan connector pada Mixer Audio:
  1. Input Channel Jack : untuk menghubungkan input masukan dari Micropone.
  2. Tombol Gain Sensitive : untuk menyesuaikan kepekaan dan kekuatan input source.
  3. Tombol LOW Cut Switch : untuk memangkas sinyal yang mengandung unsur nada rendah (HPF : High Pass Filter).
  4. Tombol EQ High : untuk mengatur level pada kepekaan lebar frekuensi nada tinggi.
  5. Tombol EQ Middle : untuk mengatur kepekaan lebar frekuensi menengah.
  6. Tombol Mid Frequency : untuk mengatur range bandwidth frekuensi middle.
  7. Tombol EQ Low : untuk mengatur level kepekaan lebar nada bass atau frekuensi rendah.

  8. Tombol pemutar Aux 1 dan Aux 2 : untuk mengirimkan output pada device yang anda mau, misalkan anda dapat mengirimkan sistim penyuaraan atau  effek (FX) eksternal, seperti Monitor Speaker Control.
  9. Tombol Saklar PFL : untuk mengetahui posisi Channel yang mendapat informasi bunyi aktif ketika terdengar di speaker.
  10. FX Send : fungsinya hampir mirip dengan tombol AUX yaitu menampilkan tinggi-rendahnya suara effek (FX) internal pada Mixer dan untuk mengirimkan level sinyal.
  11. Tombol Sub/ Main : untuk menempatkan ke arah mana output suara akan dibagi-bagikan, apakah ke SUB Amplifier (Speaker) atau ke MAIN untuk jalur Amplifier (Speaker) Utama. Bisa saja SUB Out speaker ini anda manfaatkan untuk Monitor speaker.
  12. Tombol Panpot : untuk menyetel ke arah mana suara akan diposisikan, apakah di posisi Right (kanan) atau Left (kiri).
  13. Tombol Level Control Channel : untuk mengontrol audio level pada channel (membesarkan atau mengecilkan).
  14. Tombol MAIN Master (MAIN MIX) : untuk mengecilkan atau membesarkan keseluruhan suara dari seluruh mixer channel yang aktif yang terhubung ke Main Output Speaker.
  15. Fungsi Insert : untuk mengirimkan sinyal pada peralatan tertentu seperti Limitter dan Compressor lalu akan menerima kembali hasil olahan sinyal hanya pada channel yang ditancapkan saja.
  16. Jack Record Output : untuk menyalurkan sinyal pada peralatan rekam.
  17. Fungsi LED Display Meter Indicator : untuk menunjukkan posisi kekuatan sinyal suara bagus pada posisi Master MAIN Output dengan keseluruhan, untuk melihat intenitas audio channel secara natural ketika anda menekan tombol PFL.
  18. Jack Phones atau Headphones : untuk menancapkan perangkat Headphone (bisa juga handset) pada telinga anda.

Untuk belajar bagaimana mensetting Mixer Sound System Anda tidak perlu membelinya, karena itu akan memakan biaya. Anda hanya perlu datang ke rental sound system teman Anda untuk menyewanya atau sekedar bertanya bagaimana cara mensettingnya.

Demikian fungsi-fungsi dari tombol dan connector pada Mixer Audio. Semoga bermanfaat.