Kinerja Air Conditioner (AC)

Kinerja Air Conditioner (AC)

Sebuah sistem pendingin udara di rumah atau di kantor Anda harus memiliki kualitas yang bagus. Untuk itu Anda memerlukan perawatan AC yang ekstra untuk menjaga kebersihan udara pada AC atau sistem pendingin udara Anda, hal tersebut dilakukan untuk memastikan masih berfungsinya AC Anda dengan baik.

AC Anda harus diservice sesuai dengan jadwal atau dengan kata lain Anda harus rutin membersihkan AC Anda sendiri atau dengan menyewa jasa perawatan AC profesional.  Teknisi profesional yang Anda sewa akan melakukan pemeriksaan standar dan tune up untuk membersihkan segala kotoran yang menempel pada unit AC Anda dan memastikan unit AC Anda dapat berfungsi maksimal dan pada performa maksimalnya.

Ada beberapa faktor kunci untuk di pertimbangkan ketika akan memeriksa atau service kinerja AC Anda secara keseluruhan.

AC Anda pasti dilengkapi dengan (drain lines) garis kuras. Ini gunakan untuk membantu sistem AC Anda mengeluarkan semua kotoran yang tidak perlu yang cenderung bersarang di dalam drain lines. Garis kuras dapat tersumbat dengan segala macam polutan seperti: debu, kotoran, tungau, serangga maupun puing-puing kecil. Jika drain lines tersumbat bisanya dapat di ketahui dengan kondisi udara yang lembab pada ruangan rumah Anda. Hal tersebut terjadi karena adanya saluran line yang macet sehingga menyebabkan sistem pendingin udara (AC) Anda  tidak dapat bekerja dengan normal, sehingga mempengaruhi kualitas udara dalam ruangan.

AC Anda rusak dan Anda tidak menyadarinya. Anda harus memeriksa bahwa sistem unit AC Anda dinyalakan dan dimatikan dengan benar. Bila terdengar suara yang aneh dari AC Anda yang tidak biasanya bisa jadi itu adalah tanda bahwa AC Anda sedang dalam masa kerusakan. Hal tersebut bisa menjadi bahwa ada salah satu unit dari AC Anda yang tersumbat, ada kebocoran atau overflow pan.

Jika hal diatas tidak cepat Anda tangani sehingga berangsur-angsur terlalu lama. Maka AC Anda akan mengalami kebocoran sehingga menyebabkan tanda atau noda air pada langit-langit atap rumah Anda.

Jika Anda mulai mengalami gejala tersumbat dari AC Anda atau gejala-gejala lainnya seperti kebocoran air atau overflow pan maka langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menghubungi teknisi maintenance AC profesional di Quality Technic. Sebab perbaikan AC tidak boleh dianggap enteng dan harus selalu ditangai oleh seorang profesional. Lakukan tune up AC Anda setiap enam bulan sampai satu tahun untuk memastikan berfungsinya AC Anda dan tetap pada performa kinerja terbaiknya sehingga udara dalam ruangan Anda tetap berkualitas.