Prosedur Instalasi AC Split Part 2 | Memasang Unit Indoor AC Split

Dibawah ini adalah langkah-langkah pemasangan unit indoor AC Split. Sebelumnya pada kesempatan Minggu lalu Jasa Service AC Quality Technic sudah mengulas prosedur instalasi AC Split part 1. Bagi Anda yang belum membacanya silahkan klik disini. Jika Anda sudah membacanya maka jangan ragu untuk membaca artikel dibawah ini.


memasang plat mountingCara memasang plat mounting unit indoor AC: plat mounting lebih kecil daripada unit indoor jadi tentukan lokasinya dengan memperhatikan ukuran unit indoor. Juga tentukan terlebih dahulu sisi mana dari unit indoor tempat bobokan pipa akan dibuat. Setelah Anda memutuskan tempat ditempelkannya plat mounting. Tempatkan skup sementara dibagian tengah untuk menguatkan plat. Tempatkan pengukur kerataan pada plat mounting untuk memastikan bahwa posisinya rata. Setelah ini dilakukan, eratkan skrup ditengah plat mounting agar plat tidak bergerak. Setelah itu eratkan plat dengan lima skup lainnya. Sekarang Anda telah memasang plat dengan kuat dengan semua enam skrup. Terakhir, periksa bahwa plat mounting telah terpasang dengan kuat.



membuka bobokan pipa
Cara membuka bobokan pipa : gunakan meteran untuk menentukan tengah bobokan. Diameter dari bobokan adalah 65 milimeter. Jadi gunakan pelubang 65 milimeter untuk membuka bobokan. Saat membuka bobokan lakukan melintang ke arah bawah dari dalam ruangan keluar rumah untuk membantu mengalirkan air buangan dan mencegah air hujan mengalir sepanjang pipa ke dalam area indoor.


Cara menyiapkan pemasangan unit indoor AC
persiapan pemasangan unit indoor ACIni yang jasa service AC Quality Technic sering gunakan sebelum melakukan pemasangan unit indoor AC Split. Ambil unit indoor dari kemasan dan letakan diatas permukaan yang rata. Buka panel depan dan lepaskan penutup komponen sambungan kabel kontrol. Lepaskan klem yang dipakai untuk menguatkan selubung kabel. Sekarang siapkan kabel kontrol yang menghubungkan unit indoor dan unit outdoor. Jika panjang kabel lebih pendek dari 10 meter gunakan kabel 2 milimeter persegi, jika panjang kabel 10 meter atau lebih gunakan kabel 3,5 milimeter persegi. Pasang kabel kontrol yang telah disiapkan dari belakang unit outdoor ke sisi depan. Lepaskan selubung kabel, putar kabel dan sambungkan ke terminal sambungan kabel. Pastikan untuk memasukan ke sisi kiri terminal. Saat melakukan ini perhatikan warna dan nomor terminal kabel yang tersambung (ini adalah untuk menyamakan nomor terminal dengan nomor pada unit outdoor yang akan disambungkan nanti). Setelah menyambungkan kabel ke terminal patikan bahwa kabel telah kencang dan kuatkan selubung dengan klem. Sekarang pasang kembali penutup komponen sambungan kabel kontrol. Tutup panel depan. Balikan unit indoor dan keluarkan pipa. Bungkus pipa refrigeran dan pipa pembuangan air dan kebel kontrol dengan pinir isolasi di tiga titik. Cara melakukannya pastikan posisi pipa pembuangan air mengarah kebawah.



kabel kontrol AC SplitBagian akhir dari persiapan yang diperlukan sebelum mamasang unit indoor AC : Pertama pasang kabel kontrol melalui bobokan pipa. Angkat unit indoor dan pasang pipa dan kabel melalui lubang, pastikan untuk menempatkan pipa pembuangan air di bagian bawah, agar air pembuangan mengalir lancar. Kaitkan bagian atas dari unit indoor ke bagian atas dari plat mounting terlebih dahulu lalu tempatkan bagian bawah unit indoor ke kait pada bagian bawah plat mounting untuk memasang unit indoor dengan kokoh.
melepas grill depan unit IndoorCara melepaskan grill depan unit indoor AC : Pertama longgarkan skup dibawah sayap. Lalu lepaskan kait bagian atas dari grill dan tarik. Berikutnya kuatkan bagian bawah unit indoor ke plat mounting dengan 2 skrup.

Demikianlah cara atau langkah-langkah dalam memasang unit indoor AC Split dari Jasa Service AC Quality Technic. Semoga bermanfaat dan tunggu artikel selanjutnya mengenai dunia AC di blog Quality Technic.