3 Langkah Cepat Memperbaiki Saluran Pembuangan AC yang Tersumbat


Salah satu masalah yang paling umum saat AC tidak berjalan sebagaimana mestinya adalah saluran pembuangan AC yang tersumbat. Ketika AC Anda berjalan, ia menciptakan kelembaban atau kondensasi di bagian luar unit. Kondensasi ini bisa menjadi signifikan dan bisa menetes ke bawah untuk menciptakan genangan air. Karena itu, unit pendingin udara ditempatkan di dalam wadah pembuangan dan ada saluran pembuangan yang juga dikenal sebagai jalur kondensat, yang mengalir dari wadah pembuangan ke tempat terbuka dimana kondensasi menetes. Saluran pembuangan bisa tersumbat dan bila ini terjadi maka saluran pembuangan harus dibersihkan. Anda bisa memperbaikinya sendiri atau menghubungi jasa service AC di sekitar tempat tinggal Anda.

Anda bisa membersihkan saluran pembuangan dengan mengikuti beberapa langkah mudah dibawah ini :

 1. Temukan Saklar Pengaman

Pastikan sistem dimatikan. Pipa PVC harus mengarah dari bawah handler udara Anda ke wadah tetes. Banyak yang berlabel “Safe-T Switch” dan memiliki tutup yang bisa dibuka. Buka tutupnya dan Anda harus menemukan saluran pembuangan yang tersumbat untuk mengetahui ada air yang telah menyentuh sensor stop di dalam pipa dan mematikan sistem ke bawah.

Cara Memperbaiki Saluran Pembuangan AC yang Tersumbat
 2. Gunakan Vakum Basah

Menggunakan vakum yang dirancang untuk keperluan basah, vakumkan air dari pipa saluran pembuangan dan wadah pembuangan. Keringkan permukaan basah lainnya, karena kelembapan bisa membuat pertumbuhan jamur dan merusak rumah Anda.

 3. Tuangkan Air Mendidih di Saluran Pembuangan

Di masa lalu, campuran pemutih dan air atau cuka dan air digunakan untuk membantu mencegah saluran pembuangan tersumbat. Namun, karena bahan baru yang digunakan dalam sistem HVAC, para service AC profesional sekarang menyarankan hanya menggunakan air mendidih dalam pipa pembuangan.

Hubungi Teknisi Service AC untuk Perbaikan

Setelah menuangkan air mendidih ke dalam pipa pembuangan, sistem AC harus siap menyala kembali. Sementara langkah cepat ini biasanya akan membuat AC Anda berada dalam kondisi pemanasan dan pendinginan yang tepat lagi, sistem AC Anda mungkin memerlukan perhatian seorang teknisi service AC profesional sebab jika pipa-pipa dipasang dengan salah maka akan menyebabkan masalah drainase, atau bisa jadi masalah lebih besar.

Hubungi Jasa Service AC Berpengalaman jika Anda memerlukan perbaikan AC darurat. Kami Jasa Service AC Quality Techic akan memastikan bahwa sistem AC Anda siap untuk digunakan kapan saja selama musim panas.