Cara Mempersiapkan Genset Anda Pada Musim Dingin

Sewa Genset - Mempersiapkan Genset
Mempersiapkan Genset Pada Musim Dingin

Seiring suhu udara dingin semakin menusuk tulang, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda mengetahui bagaimana cara menstimulasi genset Anda, apakah itu model RV portable atau standby. Ada sebagian orang yang mengetahui ada beberapa hal yang lebih buruk daripada pemadaman listrik di tengah musim dingin. Pastikan genset siaga (standby) Anda siap ketika dinyalakan tentunya saat Anda sangat membutuhkannya.

Mempersiapkan Genset Portable Anda Pada Musim Dingin

Jika Anda tidak berencana menggunakan genset portable untuk bulan-bulan musim dingin, Anda pasti ingin membersihkannya dan kemudian menyimpannya di tempat yang aman. Dibawah ini adalah cara dari Sewa Genset Quality Technic yang dapat Anda lakukan untuk genset Anda.

  1. Gunakan penstabil bahan bakar premium untuk menstabilkan suplai bahan bakar Anda.
  2. Jalankan mesin selama sepuluh menit untuk mengedarkan bahan bakar yang distabilkan.
  3. Tiriskan minyak dari bak mesin. Isi ulang bak mesin dengan minyak baru dan ganti saringan oli Anda.
  4. Dengan mesin menyala, semprotkan minyak fogging premium ke mesin sampai Anda mulai melihat asap tebal. Matikan genset. Lapisan minyak fogging ini mencegah kondensasi. Minyak juga meminimalkan kerusakan kelembaban pada baja mesin.
  5. Keluarkan busi. Gunakan minyak fogging untuk menerapkan lapisan tebal ke dalam lubang busi.
  6. Periksa semua sekrup dan mur dan pastikan semuanya kencang.
  7. Periksa genset untuk bagian yang rusak. Ganti bagian apapun jika perlu.
  8. Periksa pengencang dan klem sistem bahan bakar dan kelistrikan. Pastikan mereka diamankan dengan tepat.

Mempersiapkan Genset Siaga (Standby) Anda Pada Musim Dingin

Ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk memastikan genset siaga (standby) Anda akan menyala bahkan dalam bulan-bulan terdingin sekalipun. Sepanjang musim dingin, Anda harus membersihkan unit dan area sekitar genset. Biasanya Teknisi Rental Genset Jakarta akan melakukan ini, "memeriksa baterai".

Periksa Baterai

  1. Periksa baterai Anda. Anda ingin memastikan baterai Anda tidak terlalu rendah atau bahkan mati. Jika baterai Anda terlalu rendah, baterai mungkin tidak dapat menahan pengisian jika Anda mencoba mengisi ulang baterai. Jika demikian, Anda pasti ingin mengganti baterai.

  1. Anda bisa menggunakan cold weather kit yang mencakup baterai yang lebih hangat. Baterai berada di atas yang lebih hangat, yang akan menyala dan memanaskan baterai setiap kali suhu turun di bawah 40 derajat.

Metode Awal Ketika Mesin Dalam Keadaan Dingin

Jika Anda hendak menyalakan genset dalam kondisi dingin, berikut dibawah ini Rental Genset rangkum untuk Anda perhatikan :

  1. Anda bisa menggunakan pemanas blok mesin yang memanaskan oli mesin sampai titik optimal untuk memulai.
  2. Ikuti rekomendasi pabrik jika Anda ingin menggunakan pendingin pemanas. Pemanas listrik ini menjaga suhu pendingin agar lebih mudah dimulai.
  3. Jika Anda memiliki mesin diesel di bawah 1 liter per silinder, Anda bisa menggunakan busi pijar yang membawa udara masuk ke ruang bakar.
  4. Anda juga bisa menggunakan pemanas inlet udara yang akan memanaskan udara yang dibutuhkan untuk pendinginan dan pembakaran.
  5. Untuk mencegah kondensasi yang terbentuk pada panel kontrol, Anda dapat menggunakan pemanas panel kontrol anti-kondensasi AC.

Bahan bakar diesel bisa menjadi gelatin atau waxy pada suhu dingin, namun ada beberapa solusi untuk mengamankan bahan bakar pada musim dingin. Pastikan untuk merujuk ke operator manual Anda untuk spesifikasi bahan bakar musim dingin.

  1. Tingkat bahan bakar musim dingin akan dicampur dengan aditif pilihan untuk mencegah agar tidak ada geling.

  1. Anda juga bisa memanaskan jalur pengiriman ke mesin. Pipa bahan bakar dan pemanas tangki penyimpanan adalah dua cara tambahan untuk menjaga agar bahan bakar Anda tetap pada suhu yang sesuai.