Tips Hemat Listrik dalam Menggunakan AC


Pada saat ini penggunaan AC sudah menjadi biasa bahkan wajib untuk di beberapa tempat. Hal ini disebabkan oleh iklim Indonesia yang panas dan lembab. AC adalah barang elektronik yang memerlukan watt yang besar karena itu tidak sering jika watt yang besar adalah salah satu pertimbangan dalam memasang AC.  karena itu ada baiknya kita sebelum membeli AC memilih yang hemat listrik dan mengetahui beberapa tips pemakaian AC yang dapat menghemat listrik pemakaian listrik AC.

Berikut beberapa tips yang dapat kita pakai:



Saat anda berencana membeli AC pilihlah AC dengan teknologi Converter, yang fungsinya sebagai pengatur beban listrik jadi pada saat suhu pada remote pengatur tercapai maka kompresor akan menurunkan kinerjanya dan pada saat suhu kembali panas maka kompresor akan kembali bekerja, kompresor tidak akan langsung mati untuk menghindari watt besar yang diperlukan pada saat ac pertama kali dinyalakan tetapi 
hanya akan mengurangi kinerjanya. Tentu saja hal itu akan secara langsung menghemat listrik.
Kapasitas pendingin pada AC atau biasa disebut (PK harus sesuai dengan luas ruangan tempat AC itu dipasang, misal untuk ruangan dengan luas 15m2 seharusnya sudah cukup dengan ac kapasitas ½ PK. Besar PK juga jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil hal ini sangat berperngaruh dalam penggunaan daya listrik.
Mengurangi radiasi cahaya matahari dengan cara menutup semua jendela dengan gorden agar cahaya matahari tidak masuk ruangan dan menjaga ruangan tetap dingin. Jika tidak ditutup maka AC di setel sedingin apapun maka ruangan akan tetap panas dan akan menyebabkan AC bekerja keras dan otomatis akan mempengaruhi daya listrik yang digunakan.
Sebaiknya AC disetel suhunya dengan suhu yang rasional yang dapat tercapai di daerah tempat tinggal, misal di Indonesia suhu terendah rata” adalah 22-25 derajat jadi kalau kita setel ke suhu 16 derajat sedangkan suhu diluar ruangan mencapai 30derajat maka kompresor akan terus bekerja agar suhu dalam ruangan mencapai 16derajat yang mana itu tidak mungkin tercapai yang terjadi adalah kompresor akan terus bekerja tanpa istirahat itu akan menyebabkan umur kompresor tidak lama dan pemborosan listrik.
Hindari ruangan kosong tetapi AC tetap menyala, kita biasa meninggalkan ruangan ber AC tetapi lupa mematikan AC dan kadang dengan keadaan pintu tidak tertutup rapat yang dapat menambah kinerja kompresor jelas hal ini adalah pemborosan listrik.
Jangan biasakan merokok dalam ruangan AC karena memang tidak bagus bagi kesehatan, asap rokok juga bisa membuat AC rusak. Lalu jangan lupa untuk membersihkan filter AC secara berkala minimal 2 minggu sekali dan mengecek kompresosr minimal 4 bulan sekali. Dengan di service ac secara berkala maka AC akan bekerja dengan baik dan umurnya akan awet.