Tips Keamanan Seputar Penggunaan Genset

Generator atau genset bukanlah benda yang bisa Anda perlakukan dengan sembarang atau tanpa aturan. Sebab, banyak kasus terjadi pada genset akibat kelalaian penggunanya. Berikut ada beberapa poin yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda berikutnya saat menggunakan genset agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pemasangan Genset
Dalam pemasangan genset disarankan menghubungkannya ke kabel rumah Anda dengan menggunakan saklar pemindah. Hal tersebut berguna untuk mencegah genset Anda dari backfeeding atau kerusakan generator saat listrik dipulihkan.

Jangan Abaikan Buku Instruksi
Benar-benar baca dan ikuti instruksi dari pabriknya untuk menghindari adanya bahaya dan memastikan operasi berjalan dengan aman dari genset Anda.

Penggunaan Kabel Ekstensi
Kabel ekstensi digunakan untuk penggunaan outdoor untuk menjaga genset dengan aman saat berada di luar ruangan. Jika alat memiliki konektor tiga kaki, selalu gunakan kabel ekstensi tiga cabang.

Alarm Karbon Monoksida
Pertimbangkan untuk menggunakan alarm karbon monoksida yang dioperasikan dengan baterai. Hal tersebut berfungsi memberi tahu jika kadar karbon monoksida  mengalami bahaya.

Tips lain-lain
  • Matikan semua peralatan yang terhubung sebelum memulai genset Anda.
  • Jangan sentuh genset jika Anda dalam keadaan basah.
  • Jangan pernah mengisi bahan bakar disaat genset sedang beroperasi karena dapat menyulut bensin dan mengakibatkan kebakaran.
  • Jangan biarkan genset berjalan tanpa pengawasan ataupun mematikannya pada malam hari dan dibiarkannya di luar rumah.