4 Tanda AC Anda Perlu Diperbaiki

 
Apakah AC Anda sedang terlihat tidak baik? Seperti ada yang tersumbat atau terdengar seperti suara batuk-batuk, kalau begitu artinya unit AC Anda sedang memberikan tanda-tanda peringatan, memperingatkan Anda mengenai kesehatannya. Jangan salah, bukan hanya manusia saja yang bisa sakit, AC juga bisa. Biasanya gejala ini datang pada saat yang tidak tepat, misalnya pada  musim panas atau musim flu virtual untuk sistem AC. Baca artikel ini untuk mengetahui empat tanda-tanda AC Anda membutuhkan pemeriksaan.

1. Munculnya Suara Aneh atau Bau
Aturan praktis yang baik untuk sistem AC yang rusak: jika Anda tiba-tiba dapat mendengar atau mencium bau pada unit Anda, ada kemungkinan AC Anda bermasalah. Jangan abaikan mengabaikan peringatan-peringatan ini misalnya muncul suaru batuk-batuk yang terdengar jelas selama berminggu-minggu, atau peringatan terakhir bisa berupa mulai tercium bau dari unit AC Anda.

2. Suhu dan aliran udara tidak konsisten
Apakah AC Anda sedikit tersumbat? Ventilasi, mirip dengan hidung, kadang-kadang bisa tersumbat oleh puing-puing atau kotoran-kotoran seperti debu. Masalah ini dapat mempengaruhi suhu keseluruhan rumah Anda karena kurangnya aliran udara. Menghentikan ventilasi dapat menimbulkan ancaman bagi sistem anda, serta keluarga Anda karena mereka berpotensi dapat menyebar alergen berbahaya dan masalah lainnya di seluruh rumah Anda.  Biasanya masalah ini terjadi karena ventilasi terhalang atau saluran udara yang kotor.

3. Kebocoran berlebihan atau Moisture
Jika diibaratkan seperti manusia yang sedang sakit masalah yang satu ini mirip dengan hidung meler. Jika Anda melihat air atau uap air di dekat unit Anda, kemungkinan sistem anda membutuhkan pemeriksaan. Jika terjadi kegagalan dalam menindaklanjuti masalah AC bocor yang terjadi bukan sekedar kerusakan unit AC saja, tapi daerah rumah Anda akan menjadi rentan terhadap jamur atau kerusakan cair. Kondisi ini biasanya terjadi karena garis kondensasi padat, tersumbat filter udara, kebocoran pendingin, dan banyak lagi.

4. Kegagalan Turn On
Tanda ini mungkin yang terburuk. Biasanya, jika unit AC Anda mulai gagal untuk dihidupkan (yaitu meniup udara), Anda mungkin sudah tau apa gejala-gejala yang akan mengikuti di bawahnya. Jika sistem tidak berjalan, itu tidak pasti menandakan sistem tersebut mati, namun, tindakan segera mungkin penting dalam menyelamatkan unit dari akar masalahnya. Kondisi ini biasanya terjadi akibat adanya sejumlah kerusakan atau masalah listrik.

Jika Anda mendapati 4 tanda-tanda diatas pada AC milik Anda, segera lah memperbaikinya atau gunakan Jasa service & rental AC Quality Technic untuk hasil yang maksimal.