Tips Cara Servis Air Conditioner (AC) Sendiri

Cara Servis Air Conditioner (AC) yang sudah tidak dingin sendiri.

Tips Cara Servis Air Conditioner (AC) Sendiri
 AC atau Air Conditioner, merupakan salah satu peralatan elektronik yang mungkin ada dirumah anda, AC memiliki fungsi utama yaitu menjaga agar ruangan tetap dingin dan sejuk. Namun bagaimana jika suatu hari Air Conditoner (AC) rumah anda mendadak tidak bisa memberikan udara yang dingin dan sejuk?  Mungkin ada beberapa bagian yang perlu anda perbaiki atau servis, dan disini sewa ac memiliki tips cara service ac yang bisa anda lakukan sendiri jika anda tidak mempunyai kesempatan untuk memanggil teknisi Air Conditioner (AC).


Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk men-servis Air Conditioner anda sendiri:

Cek kebersihan AC
Cara service AC yang pertama yang bisa dilakukan adalah memeriksa kebersihan AC. Seringkali pemilik AC lupa untuk melakukan perawatan rutin sehingga berimbas pada tersumbatnya penyejuk yang kemudian mengakibatkan AC jadi tidak dingin seperti sediakala. Jika diketemukan AC kotor, maka segera bersihkan AC dan hindari masalah ini dengan melakukan perawatan rutin setiap 3 bulan sekali.
Periksa kipas outdoor AC
Jika AC sudah dibersihkan namun tetap tidak memberikan keluaran suhu yang dingin seperti semua, maka cara service AC yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan kipas outdoor AC. Pemeriksaan in dimulai dengan menyalakan AC dan kemudian perhatikan apakah kipas pada outdoor AC dapat berputar dengan baik? Jika tidak, maka segera matikan AC dan buka tutup atas dari outdoor AC. Hal yang perlu diperiksa adalah kabel-kabel dan terminal-terminal yang menuju ke kipas. Aspek yang dinilai adalah hangus atau kendur kemudian lakukan perbaikan pada masalah tersebut.
Periksa kondensator AC
Kondensator AC berbentuk bulat seperti tabung. Ketika kondensator ini rusak akan ditunjukkan dengan keadaan sedikit menggelembung. Jika ditemukan kerusakan seperti ini, segera ganti dan lihat perubahan pada AC Anda.
Periksa kondensator untuk kompresor
Sama halnya dengan step sebelumnya. Anda dianjurkan untuk memeriksa keadaan kondensator yang umumnya memiliki kemiripan dengan kondensator kipas. Terkadang peletakan kondensator untuk kompresor ini diletakkan di tempat yang sama dengan kondensator kipas namun terdapat pula yang tidak seperti itu.
Periksa spark GAP/MOV
Bentuk spark GAP/MOV hampir sama seperti uang logam. Ketika Anda memeriksa bagian ini dan ditemukan keadaan pecah atau hangus, maka segera ganti bagian tersebut dan coba nyalakan kembali AC Anda.
Periksa impedansi dan tegangan menuju kipas dan kompresor
Memperbaiki AC yang tidak dingin berikutnya dibutuhkan pengetahuan yang lebih dalam pada alat-alat listrik. Hal ini dikarenakan untuk memeriksa impedansi, tegangan dan kompresor dibutuhkan setidaknya bantuan alat seperti multimeter, pengetahuan seputar rangkaian listrik, dan sebagainya. Sehingga bagi Anda yang sangat awam terhadap rangkaian listrik dan peralatannya, maka dianjurkan untuk tidak melakukan cara service AC ini dan menyerahkannya pada teknisi AC.

Itulah beberapa tips mudah melakukan perbaikan pada AC yang tidak dingin seperti sediakala secara mandiri. Namun jika memang terlalu rumit terutama bagi Anda yang awam, maka tidak akan ada masalah jika menunggu jasa teknisi untuk memperbaiki AC Anda. Hal ini dilakukan juga untuk menghindar kemungkinan yang tidak diinginkan. Semoga dapat bermanfaat.