Mengenal Lebih Dekat Tentang Sound System

Sound system atau sistem tata suara adalah suatu teknik pengaturan peralatan suara atau bunyi pada suatu acara pertunjukan. Pertemuan, rekaman dan lain-lain. Tata suara memainkan peranan penting dalam suatu pertunjukan langsung dan menjadi satu bagian tak terpisahkan dari tata panggung dan bahkan acara pertunjukan itu sendiri. Tata suara erat kaitannya dengan pengaturan penguatan suara agar bisa terdengar keras tanpa mengabaikan kualitas suara-suara yang dikuatkan. Pengaturan tersebut meliputi pengaturan mikropon-mikropon, kabel-kabel, prosesor dan efek suara, serta pengaturan konsul mixer, juga audio power amplifier dan speaker-speakernya secara keseluruhan.

Kita sering mendengar sistem tata suara, atau paket sound system atau kadang kita juga mendengar kata-kata Public Address System (PA System). Pada awalnya sound system ini digunakan bagi seseorang yang hendak berbicara di depan khalayak sehingga suaranya bisa terdengar oleh banyak orang, namun sound system ini tidak hanya untuk pidato saja, saat ini sudah sangat kompleks.

Bagian-bagian sound system
Dalam sebuah sound system terdiri dari beberapa perangkat elektronik dengan jumlah tertentu. Kebutuhan jumlah perangkat yang digunakan sesuai dengan keperluan dan dipengarui oleh jenis instalasinya serta untuk keperluan apa, sound system itu akan digunakan. Dalam sebuah sound sysem terdapat beberapa bagian, yaitu:
  1. Unit input 
  2. Unit proses 
  3. Unit penguat 
  4. Unit output.
Fungsi Perangkat Sound System
Setelah mengetahui bagian-bagian sound system, maka yang perlu diketahui selanjutnya adalah fungsi dari setiap perangkat tersebut. Fungsi bagian sound system menyangkut penggunaan alat-alat serta perangkat yang akan digunakan dalam sound system. Unit input : berfungsi sabagai sumber input sinyal yang akan di prosesdalam sound system tersebut. Secara teknis pada unit input sound system berfungsi untuk menguatkan tegangan dari sinyal input yang dimasukan. Perangkat yang biasa digunakan pada unit input adalah :
  • Microphone
  • VCD/DVDplayer 
  • Mp3 player
  • Contact pickup 
  • serta perangkat digital lain (HP,Laptop,dll)
Unit proses 
Perangkat-perangkat unit proses berfungsi untuk megubah karakter sinyal maupun meningkatkan kwalitas sinyal audio yang diterima dari bagian input. Secara teknis pada unit proses sound system berfungsi untuk menguatkan arus listrik dari sinyal input yang dimasukan. Perangkat yang umumnya digunakan adalah :
  • Audio Mixer 
  • Equalizer 
  • Reverb 
  • Multigate
  • RTA (Real Time Analyzer) 
  • Crossover 
  • LSM (LoudspeakerManagement System)
Unit pengguat
Unit penguat berfungsi untuk menguatkan sinyal yang di masukan agar dapat didengar oleh seluruh audience. Secara teknis pada unit Penguat sound system berfungsi untuk menguatkan Daya dari sinyal input yang dimasukan. Perangkat yang digunakan adalah Amplifier. Penggunaan Amplifier juga disesuaikan jenisnya sesuai karakter yang diinginkan.

Unit output
Semua perangkat unit output berfungsi untuk mengubah sinyal listrik audio menjadi sinyal suara agar dapat didengar oleh telinga. Secara teknis pengubahan sinyal listrik menjadi sinyal suara melalui membrane speaker yang bergetar akibat pada coil speaker dialiri arus listrik. Perangkat yang digunakan adalah Speaker, dengan jenis dan spesifikasi sesuai kebutuhan.