Cara Memasang Unit Indoor AC Split


Rental AC Split Jakarta

Pemasangan AC biasanya dilakukan oleh teknisi dari tempat Rental AC yang Anda beli atau menyewa seseorang profesional untuk menginstal sistem AC. Tapi bagaimana apabila ingin memasang AC sendiri? Ada jenis AC yang cocok untuk dipasang sendiri, AC itu adalah jenis AC Split. Pemasanga AC Split lebih mudah dibandingkan jenis AC lainnya. Anda cukup melubangi tembok secukupnya untuk pasang jalur pipa. Karena kemudahan itu Anda bisa mencoba memasangnya sendiri dirumah.

Hal utama yang harus dilakukan dalam memasang AC Split adalah dimana posisi AC Split dan kamana jalur pipa akan ditempatkan (Apakah ditanam di dalam tembok atau di atas plafon). Untuk lebih jalasnya dibawah ini adalah petunjuk umum memasang AC Split.

Pilih lokasi yang terhalang di dinding interior Anda untuk me-mount unit pendingin udara dalam ruangan.

  1. Hindari sinar matahari dan sumber panas langsung.
  2. Hindari tempat gas dapat bocor atau di mana kabut minyak atau sulfur.
  3. Unit indoor membutuhkan ruang setidaknya 15 cm dari ruang terbuka yang mengelilingi sisi-sisi dan atas. Unit ini juga harus dipasang setidaknya 7 kaki (2,13 m) di atas tanah.
  4. Menginstal unit setidaknya 3,3 kaki (1 m) dari antena, daya atau menghubungkan garis yang digunakan untuk televisi, radio, sistem keamanan rumah, interkom atau telepon. Kebisingan listrik dari sumber-sumber ini dapat menyebabkan masalah operasional AC Anda yang apabila tidak diperhatikan akan merusak komponen AC Anda dan yang lebih sialnya, Anda akan mengeluarkan uang lagi untuk service AC Anda yang rusak tersebut.
  5. Dinding harus cukup kuat untuk menahan berat unit. Anda mungkin memerlukan sebuah kayu atau logam bingkai untuk memberi dukungan tambahan.

Mengamankan mounting plate ke dinding interior.
  1. Pegang mounting plate dinding di mana Anda ingin menginstal unit indoor.
  2. Gunakan tingkat untuk memastikan piring adalah baik tingkat horizontal.
  3. Bor lubang ke dinding di tempat yang tepat untuk membubuhkan pelat ke dinding.
  4. Masukkan jangkar plastik ke dalam lubang. Mengamankan pelat ke dinding dengan  menekan sekrup.

Buat lubang di dinding agar sesuai pipa.

  1. Cari tempat terbaik untuk lubang untuk eksterior berdasarkan pembukaan di mounting bracket. Anda juga harus mempertimbangkan panjang pipa dan jarak yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan untuk mencapai unit luar.
  2. Bor lubang yang 3" atau sekitar 7,5 cm dengan diameter melalui dinding. Lubang harus kemiringan ke bawah ke arah luar untuk memastikan drainase yang memadai.
  3. Masukkan flange yang fleksibel ke dalam lubang.

Periksa sambungan listrik.

  1. Angkat panel depan unit dan lepaskan penutup.
  2. Pastikan kabel kabel yang terhubung ke terminal sekrup. Juga, pastikan bahwa mereka cocok dengan diagram yang datang dengan unit.

Menghubungkan pipa.

  1. Jalankan pipa dari unit indoor menuju lubang dibor melalui dinding. Meminimalkan membungkuk untuk memastikan bahwa unit berkinerja baik.
  2. Potong panjang pipa PVC 1/4" atau sekitar 6 milimeter lebih pendek dari panjang antara interior dan eksterior permukaan dinding Anda.
  3. Tempatkan tutup pipa di ujung bagian dalam pipa PVC. Masukkan pipa ke dalam lubang di dinding.
  4. Mengikat pipa tembaga, kabel listrik dan pipa pembuangan bersama-sama dengan pita listrik. Tempatkan pipa pembuangan di bagian bawah untuk memastikan aliran air gratis.
  5. Mengamankan pipa ke unit indoor. Gunakan 2 kunci pas, bekerja di arah yang berlawanan, untuk mengencangkan sambungan.
  6. Bergabung dengan pipa pembuangan air ke dasar unit indoor ini.
  7. Jalankan pipa terikat dan kabel melalui lubang di dinding. Pastikan bahwa pipa drainase memungkinkan air untuk mengeringkan di tempat yang tepat.

    Demikian artikel Cara Memasang Unit Indoor AC Split. Jadi Anda bisa memasang AC Split sendiri tanpa perlu menggunakan jasa teknisi atau maintenance AC dari tempat sewa AC atau toko AC.