Cara Membersihkan Koil Evaporator AC Sentral


Artikel ini merupakan tips "Cara Membersihkan Koil Evaporator AC Sentral". Untuk tujuan artikel ini, service AC Quality Technic akan membahas cara membersihkan koil evaporator AC oleh seorang teknisi dari Rental AC Quality Technic.
evaporator coils

Unit AC handler Anda terdiri dari motor blower, tungku/perapian, dan koil evaporator. Anda dapat dengan mudah melihat kompartemen koil evaporator Anda berada di dalam dengan mencari jalur pendingin dan dari mana ia keluar dari unit AC handler . Ada 2 jalur pendingin. Satu lebih besar dan satu lebih kecil. Yang lebih besar adalah tekanan rendah dan mengandung freon dalam bentuk gasnya. Ini akan terasa dingin saat AC Anda sedang berjalan. Yang lebih kecil adalah tekanan tinggi, garis suhu tinggi yang mengandung zat cair dalam bentuk cairnya.

Saat udara ditiupkan ke koil evaporator, udara di sekitarnya mendingin dan menghembuskan udara dingin ke rumah Anda melalui duct. Ketika koil evaporator mulai dilapisi kotoran atau debu maka koil evaporator tidak mendinginkan udara secara efisien, sehingga sistem AC Anda akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan rumah Anda.

Berikut alat yang Anda perlukan untuk membersihkan koil evaporator AC Anda:

1. Semprotan pembersih busa untuk koil.
2. Beberapa alat dasar.
3. Gulung plaster foil.
4. Pemutih / campuran air di dalam semprotan kebun.
5. Vakum portabel.

Inilah yang harus dilakukan:

Pertama, putar termostat ke posisi off. Anda juga bisa membalik sakelar yang terletak di dekat perapian Anda untuk mematikan daya atau listrik yang mengalir ke unit Anda. Anda harus menemukan koil evaporator di dalam handler udara Anda. Ini akan menjadi bagian dimana jalur freon masuk. Ada lembaran panel logam yang menempel pada handler udara yang perlu dilepas. Ini dilekatkan pada sekrup lembaran logam, dan tepinya biasanya ditempel dengan plaster foil untuk mencegah agar udara dingin tidak berhembus. Berhati-hatilah agar tidak merusak jalur freon Anda saat Anda melepaskan panel.

Koil evaporator Anda harus terlihat dan Anda harus memiliki cukup ruang untuk membersihkan koil. Jika unit Anda tidak membiarkan cukup ruang untuk bekerja dengan nyaman, saya sarankan untuk menyewa seorang service AC profesional. Paling tidak, Anda dapat secara visual memeriksa koil Anda begitu panel dilepaskan.
web coil cleaner
Mulailah dengan menyemprot pembersih berbusa pada kedua sisi koil untuk merontokan kotoran dan debu. Anda bisa melihat pembersih berbusa yang akan melakukan pekerjaannya dengan baik. Biasanya teknisi service atau maintenance AC menggunakan “WEB Coil Cleaner”. Sebuah evaporator dapat mengeluarkan banyak galon air dari udara di dalam rumah Anda dalam sehari! Kondensasi akan lebih dari bilas kumparan. Teknisi service AC selalu menyemprotkan kumparan dengan pemutih dan campuran air menggunakan semprotan kebun untuk membantu menghambat pertumbuhan jamur. Sekitar 1 cangkir pemutih sampai satu galon air bekerja dengan sangat baik. Jangan pernah menggunakan bahan kimia berbasis asam untuk membersihkan kumparan Anda!

(Meskipun cuka bersifat asam, Anda bisa menggunakannya sebagai alternatif, tapi baunya tidak terlalu menyenangkan. Either way, bersihkan kumparan Anda pada hari yang cerah sehingga kondensat akan membantu membilas semuanya.)
semprotan kebun
Kemudian, teknisi service AC menuangkan pemutih / campuran air yang tersisa yang saya tinggalkan di semprotan kebun saya ke saluran pembuangan agar tidak terbebas dari penumpukan alga. Saluran pembuangan yang tersumbat dapat menyebabkan wadah pembuangan meluap dan menyebabkan kerusakan di langit-langit. Saya menggunakan pemutih / campuran air sisa dari semprotan kebun saya dan menuangkannya langsung ke dalam wadah pembuangan. Perlu diingat rumah Anda nanti akan memiliki aroma pemutih yang sangat ringan sekitar satu hari. Kecuali Anda sensitif terhadap aromanya, tidak ada kekhawatiran nyata, ini adalah bau sangat ringan dan akan cepat hilang.

Setelah selesai, ganti panel, sekrup dan gunakan plaster foil untuk menutup tepi panel. Panel diganti, tepi ditempel dan coba Anda rasakan udara di semua sisi untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik.