Alasan mengapa kita memilih Generator Genset Diesel


Harga minyak diesel/solar memang lebih tinggi dari minyak bensin akan tetapi minyak solar memiliki tingkat kepadatan energy yang lebih tinggi. Yang berarti lebih banyak energy yang dapat dihasilkan solar dari bensin dalam volume yang sama. Karena itu penggunaan mesin diesel di kendaraan mempunyai daya tempuh yang lebih jauh, yang membuat penggunaan mesin diesel menjadi pilihan yang pantas untuk transportasi dan alat berat.


Cara mesin diesel bekerja
Mesin diesel kerjanya bergantung dari tipe pengapian sedangkan mesin bensin bekerja dengan menggunakan pengapian dari busi. Sebagai contoh, mesin diesel menggunakan kompresi pengapian untuk menyalakan bahan bakar, udara akan dihisap dari luar yang akan dikompres dengan tekanan tinggi dan memanaskannya hingga terbakar. Yang hasilnya terjadi suhu yang sangat tinggi di dalam mesin yang suhunya lebih tinggi dari yang dihasilkan mesin bensin. Pada saat suhu dan tekanan mencapai suatu titik puncak, solar akan dihisap ke dalam ruang bakar dan akan diledakkan untuk menghasilkan suatu gaya.

Keunggulan mesin Diesel dari mesin Bensin
  • Mesin diesel modern telah menanggulangi kelemahannya dari mesin diesel versi awal yaitu, mahal dalam perawatan dan lebih bising pada saat digunakan, sekarang mesin diesel tidak membutuhkan perawatan yang mahal dibandingkan mesin bensin di ukuran yang sama dan jelas tidak lagi bising pada saat digunakan.
  • Mesin diesel lebih tahan banting dan lebih bisa diandalkan dari mesin bensin.
  • Dengan tidak adanya busi berikut kabelnya maka tidak ada percikan api ketika dihidupkan, yang tentunya mempermudah biaya perawatan.
  • Biaya yang dipergunakan untuk memproduksi listrik per kilowatt sekitar 30-50% lebih rendah dari mesin bensin, yang artinya lebih irit.
  • Mesin bensin lebih cepat panas dari mesin diesel, sehingga mesin bensin mempunyai umur yang lebih pendek daripada mesin diesel.



Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memilih Generator/Genset yang sesuai dengan kebutuhan anda.