AC Split



AC split terdiri dari 2 unit yaitu unit outdoor yang terdapat compressor ac di dalamnya dan unit indoor. Prisnsip kerjanya sama dengan ac central hanya ac split memakai duct yang lebih kecil yang membuat ac split lebih murah dan sekaligus lebih mudah untuk dipasang. Pada ac split refrigerant dipompa ke koil melalui duct, biasanya digunakan pipa conduit berdiameter 3 inci yang dipasang menembus tembok untuk menghubungkan unit indoor dan outdoor. Pipa ini berisi saluran suction, kabel listrik, saluran drainase dan tentu saja refrigerant.


Selain karena bentuknya yang lebih kecil disbanding ac central dan pemasangannya yang lebih mudah, kelebihan utamanya terletak pada Zoning, yaitu kita dapat mendinginkan ac di ruang-ruang tersendiri yang kita mau, hal ini tentu saja akan menghemat listrik disbanding ac central.


Instalasinya mudah dan beberapa merk ac memungkin kan satu unit outdoor dapat digunakan oleh beberapa unit indoor. Karena pipa conduit dijual terpisah dan tersedia dalam beberapa ukuran panjang maka kita dapat mengatur penempatan unit outdoor dan indoor pada jarak tertentu semau kita, tentu saja dalam jarak yang masih direkomendasikan.


Serta beberapa merk unit ac split sudah dilengkapi oleh remote control sehingga hal ini memudahkan kita untuk mengoperasikannya.  Refrigerant yang digunakan oleh hamper semua ac split adalah Freon, spesifikasinya dapat dilihat di user manual.


faktor yang mempengaruhi jumlah unit indoor dalam suatu ruangan adalah penggunaan peralatan listrik dalam suatu ruangan, jumlah penghuni dalam satu ruangan dan radiasi cahaya matahari. Karena compressor terletak diluar ruangan maka ac split tidak mengeluarkan suara bising.


Pilih lah ac yang hemat listrik karena konsumsi listrik adalah hal penting yang harus dipetrtimbangkan pada saat anda sewa ac, Selain fitur yang lengkap.