Tips dalam membeli genset bekas


Banyak sekali keuntungan membeli genset bekas atau genset bekas yang jarang dipakai, perusahaan besar maupun kecil seringkali membeli genset bekas karena tidak harus mengeluarkan biaya yang besar untuk mendapatkan peralatan alat berat yang berkualitas tinggi. Akan tetapi tetap harus ada pertimbangan yang matang sebelum melakukan pembelian, berikut adalah beberapa factor yang perlu dipertimbangkan dalam membeli genset bekas tipe apapun:

Sejarah, produsen dan reputasinya
saat akan membeli genset salah satu hal yang dapat anda periksa adalah jam kerja, umur dan sejarah dari genset tersebut. Pertama cek sudah berapa jam genset tersebut dipakai, mesin genset biasanya sama dengan mesin mobil mempunyai adometer. Lalu periksa digunakan untuk keperluan apa genset tersebut? Apakah digunakan setiap hari secara terus menerus atau hanya digunakan sebagai mesin cadangan? Genset yang hanya digunakan sebagai mesin cadangan jelas lebih baik tetapi bagaimanapun berhati-hatilah karena seringkali informasi tersebut tidak tersedia.

Perawatan Pemakaian Terdahulu
mungkin anda akan sulit mendapatkan ifnormasinya, tetapi anda harus memeriksa kemampuan penjualnya dalam hal perawatan dan pengoperasian genset tersebut . salah satunya dengan cara menanyakan prosedur yang digunakan untuk menyetel dan sebaliknya, apakah mereka mempunyai alat untuk testing, apakah staff mereka bersertifikat? Dll. Hal ini sangat penting karena generator yang dirawat dengan benar dan baik mempunyai umur yang lebih panjang.

Kerusakan Fisik Pada Unit Generator
jika ada penggantian komponen yg rusak, periksa las,komponen listrik untuk memastikan dan isolasi kabel. Semua sparepart yang bermasalah harus diganti.
Maka dari itu semua komponen sprepart yang bermasalah sebaiknya diganti dengan yang baru.

Kemampuan saat uji beban kinerja
ini adalah test yang paling umum dilakukan pada saat anda ingin membeli genset bekas, test ini membantu menentukan efisiensi dari seluruh kekuatan genset. Seberapa baik genset merespon penggunanan beban berat, yang akan memberitahu anda seberapa batas kekuatan dari genset tersebut. Pemeriksaan harus dilakukan secara berkala untuk mendapatkan hasil terbaik,  biasanya dilakukan sebanyak 3 kali pemeriksaan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Garansi
Oleh karena anda membeli genset bekas maka tidak mungkin anda mendapatkan garansi jangka panjang, akan tetapi bagaimanapun juga anda harus memastikan  mendapatkan garansi minimal 1-3 bulan setelah pembelian.

Demikian beberapa tips yang perlu diperhatikan jika anda ingin membeli genset bekas, semoga dapat membantu anda dalam mendapatkan genset bekas yang terbaik.