Generator baru dan bekas, mana pilihan yang Tepat buat anda?


Terdapat banyak sekali tipe generator baru dan bekas sekarang ini, sebelum membeli generator biasanya orang mengenali kebutuhan yang dibutuhkan apakah untuk menyalakan alat berat, menjadi tenaga cadangan atau pemasok tenaga listrik utama. Setelah itu baru kita dapat melakukan analisa untuk menentukan spesifikasi generator yang kita butuhkan. Lalu kita akan dihadapkan pada situasi apakah kita perlu membeli generatror baru atau membeli generator bekas. Karena itu ada beberap factor yang perlu diperhatikan:


Generator Baru
Seperti halnya membeli barang baru, salah satu alasan kenapa orang membeli generator baru adalah karena kita mendapatkan garansi resmi langsung dari produsen. Biasanya selama 1 sampai 2 thn.  Dan biasanya garansi tidak datang tanpa tambahan biaya, tergantung dari merk, ukuran dan produsen biasanya stock barang dan sparepart sangat terbatas dan seringkali kita harus menunggu lama jika terjadi sesuatu pada service genset kita terutama untuk generator yang berukuran besar. Jika anda bersedia untuk menunggu lama dan lebih mementingkan keamanan bisa mengambil keputusan untuk membeli genset baru. Seperti membeli barang lainnya tentu saja anda perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan sebelum membeli suatu barang.


Generator Bekas
Salah satu keuntungan membeli generator bekas adalah kita tidak perlu menunggu lama dan selalu tersedia di pasar anda bisa lngsung memebeli dan langsung dipasang. Anda tidak perlu menunggu ketebatasan stock dan keterlambatan produksi Dan juga jika kita mendapatkan generator bekas yang jarang dipakai dari segi harga sangat jauh dari harga generator baru mungkin perbedaanya  bisa setengah harga generator baru.  Jika memang garansi resminya sudah habis usahakan untuk mendapatkan garansi dari penjual carilah genset yang dahulunya dipakai hanya untuk sebagai tenaga cadangan saja tentu saja generator seperti ini mempunyai kondisi yang lebih baik dan tidak memerlukan perawatan khusus. Satu-satunya kekurangan membeli generator bekas adalah bahwa generator tersebut pernah dipakai oleh oran lain sebelumnya. Karena itu anda harus mendapatkan informasi mengenai history nya, penggunaan terdahulunya sebagai apa dan tentu saja keadaan mesinya saat sekarang ini.