Tips Sehat di Ruangan ber-AC

Bagaimana rasanya bila anda berada diruangan ber-AC? pasti merasa nyaman. Di ruangan sejuk, metabolisme tubuh kita berjalan lebih lambat, otomatis proses penuaan menjadi lebih lambat. Di ruangan ber AC udara juga lebih segar dan bersih, sehingga asupan oksigen menjadi lebih banyak, tubuh pun tentu lebih sehat.
dehumidifier
Tapi berhati-hatilah bila kita sering berada diruangan ber-AC. Diruangan ber-AC, kita akan jadi malas minum karena tidak merasa haus. Di ruangan ber-AC kita tidak berkeringat sehingga otomatis garam-garam dalam tubuh menjadi lebih tinggi. pada saat berkeringat sebetulnya ada proses detoksifikasi, yaitu proses pembaungan racun dalam tubuh yang keluar bersama dengan keringat.

Orang-orang yang hidup di iklim sejuk, umumnya sangat takut dengan garam dan juga gula.  Makanannya hambar, tidak gurih, tidak asin, tidak manis, tidak pedas dan jelas tidak sedap serta tidak nikmat.  Tetapi dibalik itu semua mereka umumnya panjang umur, sehat dan bebas dari sakit ginjal, jantung, darah tinggi, diabetes.  Orang yang hidup di iklim sejuk, jarang berkeringat, kalau dia konsumsi garam dan gula seperti orang yang hidup di Tropik, mungkin juga dia akan mati muda.

Sebaliknya, orang-orang yang hidup di daerah tropik. aman-aman saja dengan konsumsi garam dan gula.  Tentunya garam dan gula itu harus sering-sering dibuang lewat keringat, untuk detoksifikasi.  Selain itu ia juga harus banyak minum agar detoksifikasi berjalan lancar.  Bagi yang hidup nyaman di ruangan ber AC, hati-hat. Karena ada maut yang mengancam. Apa yang kita anggap nyaman, ternyata belum tentu sehat. Sebaliknya apa yang kita anggap tidak nyaman, berkeringat, badan lengket, mungkin lebih menyehatkan bagi tubuh.

Agar kita senantiasa tetap sehat meski selalu berada dalam ruangan ber-AC, simaklah tips berikut ini:
  • Jangan lupa minum. Minumlah air putih karena lebih. Diruangan ber-AC kita tidak berkeringat tetapi bukan berarti tubuh tidak membutuhkan air. Minumlah delapan gelas per hari.
  • Minumlah vitamin. Vitamin adalah benteng anda agar tidak tertular penyakit. Terutama bagi mereka yang bekerja di ruangan ber-AC sentral.
  • Pakailah hand and body lotion. agar kulit tidak kering.
  • Di haruskan ada ventilasi udara yang cukup. Jangan tertutup total.
  • Jagalah kelembaban ruangan antara 60-70 persen. Anda juga bisa menggunakan alat bernama dehumifidier untuk menjaga kelembaban ruangan.
  • Jangan lupa melakukan perawatan AC. karena AC yang tidak dirawat akan mengalirkan udara yang tidak sehat pula.