Aplikasi Penggunaan AC Sentral

Rental AC Jakarta - Suhu udara di Indonesia sekitar 30º dan kelembaban sekitar 90%. Indonesia termasuk daerah tropis dengan tingkat kelembaban tinggi. Mesin pengatur udara (air conditioning) terdiri dari dari kompresor yang menyirkulasikan zat pendingin (refrigerant) ke dalam kumparan pipa tembaga (coil), dimana udara di dalam ruang dierap oleh refrigerant yang kemudian mengembun. Adapun udara dalam ruang diisap dan dihembus kembali masuk ruang oleh blower (kipas).


Setelah udara lewat kumparan, temperaturnya menurun sebab panasnya dipakai oleh refrigerant yang mengembun. Pada saat yang sama, uap air dalam udara mengembun pula, sehingga kelembaban udara menurun. Refrigerant adalah zat pendingin yang berasal dari gas metan (CH4) yang Hidrogen-nya diganti dengan Halogen Flour atau Chloor, yang disebut dalam perdagangan Freon

Refrigerant Freon mempunyai sifat dapat menguap pada temperature biasa, tidak berbau, tidak beracun. Untuk Refrigerasi Industri seperti pabrik es dan Gudang pendingin, dipakai zat pendingin amoniak (NH3) yang berbau tetapi lebih murah daripada Freon.

System pendingin ruang ada 2 macam:

Direct Cooling Systen
Dalam sistem ini udara didinginkan langsung oleh refrigerant dengan menggunakan mesin-mesin sistem paket seperti window unit atau package Air Conditioner dengan atau tanpa tabung udara dingin (ducting).

Indirect Cooling System
Dalam sistem ini dipakai media: air es/chilled water dengan temperature sekitar 5ºC. Air es diproduksi dalam chiller, mesin pembuat air es yang menggunakan refrigerant sebagai zat pendingin.

Cara ini banyak dipakai dalam bangunan tinggi sebab ,menghemat tempat karena hanya menggunakan tabung penyebar udara horizontal, tidak perlu ada tabung vertical.

Udara diserempetkan pada kumparan pipa dimana air es disirkulasikan. Mesin pengolah udara/air handling unit (AHU) berisi: kumparan pipa (coil), blower dan filter udara. AHU dapat ditempatkan disetiap lantai atau satu AHU melayani 2-3 lantai atau jika lantai tingkat sangat luas, satu lantai dilayani 2 atau lebih AHU.

Berikut ini Aplikasi Penggunaan AC Sentral:

Gedung Perkantoran

Dapat dibagi menurut jumlah tingkat lantai, satu AHU dapat melayani 1 lantai atau lebih tergantung kapasitas AHUnya dan beban yang akan didinginkan.

Pemukiman, Hotel, Apartemen dan Asrama.
Umumnya digunakan fan-coil unit. Ruang-ruang umum Hotel dengan AC Package = ducting horizontal.

Rumah Sakit, Puskesmas ataupun Klinik.
Rumah sakit berbeda dengan jenis bangunan lainnya, dimana lingkungannya harus dijaga supaya tetap bersih untuk mencegah penyebaran dan perkembangannya bakteri-bakteri.

Oleh karena itu ruangan yang tersedia hendaknya dibagi menujadi beberapa daerah sedemikian rupa sehingga tidak terjadi percampuran udara yang mengandung kuman penyakit.

AC yang sesuai adalah type unit coil kipa udara (fan-coil) yang dipasang pada setiap ruangan atau Package yang dipasang pada setiap daerah.

Industri
Dibagi atas 2 bagian, yaitu:
  • Penyegaran udara bagi para karyawan. 
  • Penyegaran udara yang digunakan dalam proes produksi, penyimpanan, lingkungan kerja mesin dan sebagainya.
Pada beberapa situasi AC digunakan pada acara-acara penting seperti pesta pernikahan, pesta perusahaan, dan lain sebagainya, untuk menunjang acara penting tersebut biasanya kebutuhan unit ac di sediakan oleh perusahaan penyedia jasa rental AC, sehingga penyelenggara acara tidak perlu membeli secara tunai.