10 Tips Cara Memilih atau Membeli AC

10 Tips Cara Memilih atau Membeli AC

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih unit pendingin udara atau AC. Harga sewa AC atau unit AC bervariasi sesuai efisiensi energi dan kapasitas pendinginan. Unit AC modern memiliki banyak fitur-fitur canggih. Fitur-fitur canggih tersebut dapat dijadikan perbandingan sebelum Anda memutuskan untuk membeli unit AC. Jenis AC yang tepat untuk rumah Anda juga tergantung pada ukuran ruangan Anda, jendela atau dinding.

Dibawah ini penelitian bagaimana membeli sebuah AC dan memilih unit AC yang bisa menghemat uang dan energi Anda sambil menjaga ruang Anda tetap keren.

  1. Toko AC di musim dingin. Banyak merek lebih cenderung akan dijual.

  1. Tentukan antara unit jendela, portabel atau dinding AC. Tidak seperti unit jendela, unit portabel tidak perlu dipasang di jendela. Mereka biasanya di atas roda dan dibuang melalui selang dan ditempatkan di jendela. Unit dinding ditempatkan di lubang dipotong menjadi dinding eksterior.

  1. Ukur kamar atau ruangan yang akan di pasang AC. Pilih AC dengan kapasitas pendinginan yang tepat untuk ruang. Sebuah unit AC yang terlalu tinggi kapasitas pendingin untuk ruangan dapat menimbulkan masalah kedepannya.

  1. Periksa kapasitas pendinginan. Ini diukur dalam BTU per jam. BTU yang lebih tinggi berarti memiliki kapasitas pendingin yang lebih.

  1. Bandingkan Efisiensi Energi Rating (EER) dari AC. EER diperlukan untuk AC modern. Unit dengan penilaian EER tinggi menggunakan lebih sedikit energi.

  1. Pastikan kisi-kisi dari AC bermotor.  Air harus menuju pada tengah ruangan untuk memberikan pendinginan yang memadai. Jika jendela off-center, ventilasi harus disesuaikan dengan posisi yang benar. Beberapa model memiliki putaran kisi-kisi untuk sirkulasi udara.

  1. Pertimbangkan fitur-fitur khusus. Beberapa AC memiliki remote kontrol, sehingga lebih mudah untuk menyesuaikan pengaturan dari beberapa ruangan. Fitur timer mempunyai manfaat  karena dapat memungkinkan Anda untuk memilih tingkat daya program yang berbeda untuk waktu yang berbeda serta hari yang berbeda atau menghidupkan AC sebelum Anda pulang dari kerja. Carilah filter untuk menghilangkan debu, bau dan kotoran.

  1. Dapatkan saran dan umpan balik. Baca ulasan dan perbandingkan model AC dari sumber terpercaya atau situs-situs jasa AC. Carilah beberapa keluhan atau masalah tentang model, merk atau perusahaan AC yang Anda cari. Jangan lupa untuk meminta saran bagaimana membeli sebuah AC dari keluarga dan teman-teman yang baru membeli AC.

  1. Cobalah unit AC langsung di toko sewa AC Jakarta tentunya untuk memeriksa tingkat kebisingan dan kemudahan dalam operasi.

  1. Cari tahu cara menginstal unit. Beberapa AC memerlukan perangkat keras tambahan atau 220 volt kabel listrik. Pastikan ukuran yang tepat untuk jendela atau bukaan. Jika perlu, pilih rental AC Jakarta yang juga menawarkan jasa instalasi. Meskipun hal tersebut akan mengeluarkan biaya lebih tapi itu bisa menghemat waktu, frustrasi dan cedera apabila Anda menginstal AC secara sendiri. Banyak unit AC yang sukar dan tidak dapat diinstal hanya dengan 1 orang.