Tips Membersihkan Penyaring Udara AC

Seiring waktu dan seringnya masa pakai unit AC sudah mulai berkurang hawa dinginnya, bisa jadi karena saringan udaranya sudah kotor. Tidak semua urusan harus dikerjakan dengan bantuan jasa perawatan AC, terkadang diri sendiri bisa melakukan asalkan ada kemauan, salah satunya mungkin untuk urusan membersihkan saringan udara di AC, selain bisa lebih puas dengan hasil kerja sendiri juga dalah menghemat pengeluaran Anda secara signifikan.


Dengan berbagai macam pilihan desain dan harga AC, Anda harus cermat memilih AC dengan desain yang efektif dan mudah perawatannya.

Pada AC merk tertentu ada yang memiliki desain ekterior segitiga dengan penyaring udara AC yang lebih lebar dan mudah dibuka pasang sehingga Anda dapat membersihkannya sendiri tanpa perlu memanggil teknisi service AC.

Tanpa kita sadari tingkat polusi semakin hari semakin membahayakan terutama di daerah perkotaan, membersihkan penyaring udara AC secara teratur merupakan hal yang sangat penting. Karena jika tersumbat, kinerja AC Anda akan menurun. Dan jika Anda memanggil teknisi maintenance AC untuk selalu melakukan hal ini, pengeluaran Anda akan membengkak. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara membersihkan penyaring udara AC Anda sendiri.

Berikut ini telah kami rangkum 3 tips membersihkan saringan udara diunit AC. langkah-langkah tersebut dapat Anda lakukan sendiri tanpa bantuan teknisi, namun dalam melakukannya Anda harus tetap memperhatikan keselamatan kerja, gunakan masker agar debu tidak terhirup ke saluran pernafasan Anda.

Berikut tahapanya:
  1. Buka penyaring udara AC
    Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membersihkan penyaring udara AC adalah dengan membuka dan memisahkannya dari bagian AC yang lain. Pada AC tipe dan merk tertentu proses ini bisa jadi merupakan proses yang rumit dan sulit dilakukan karena ukuran penyaring udara yang sempit dan cara membukanya yang cukup sulit, tidak praktis, dan membutuhkan peralatan khusus. 

  2. Bersihkan dengan kain, busa, dan semprotan air atau vacuum cleaner
    Setelah melepaskan penyaring udara AC, sekarang Anda dapat mulai membersihkannya. Proses membersihkan penyaring udara di AC lain mungkin cukup rumit dan sulit dilakukan karena ukurannya yang sempit membuat debu masih menempel jika tidak dibersihkan dengan metode khusus. Anda dapat membersihkan penyaring udara AC Anda dengan menggunakan kain yang telah Anda basahi dengan sedikit air atau menghisap debu dan kotorannya dengan menggunakan vacuum cleaner. Jangan tunggu sampai debu menumpuk dan sulit untuk dibersihkan. Lakukan hal ini secara teratur, sehingga proses membersihkannya menjadi lebih mudah dan cepat.? 

  3. Pasang kembali penyaring udara AC ke posisi semula
    Setelah dirasa penyaring udara AC Anda bersih dan bebas dari debu dan kotoran lainya. Anda dapat memasang dan mengembalikan penyaring udara AC Anda ke posisi semula. Tidak perlu alat atau keahlian khusus untuk melakukan hal ini. Anda dapat melakukannya kapan saja Anda merasa perlu untuk melakukannya.
Ketiga langkah tersebut bisa Anda ikuti dengan hati-hati dan teliti, agar hasil yang didapatkan juga bisa sempurna, ingat harus teliti ! Selalu bergantung pada jasa teknisi service AC untuk melakukan perawatan terhadap AC Anda?

Namun jika Anda tidak punya waktu banyak, tidak mau repot-repot, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa maintenance AC yang biasanya terdapat pada  perusahaan penyedia jasa sewa ac profesional, seperti jasa sewa AC Jakarta salah satunya.