3 Jenis Tenda Berdasarkan Fungsinya

Tenda dekorasi menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam memutuskan sewa tenda untuk keperluan suatu acara, karena bentuknya sederhana dan mudah dibongkar pasang. Jenis tenda ini banyak dipesan untuk acara pernikahan, pengajian, khitan dan lain-lain.

Fungsi tenda pada umumnya sebagai pelindung atau naungan dari terik matahari dan hujan ketika melakukan kegiatan diluar ruangan, faktor kenyamanan menjadi hal pokok yang perlu diperhatikan dalam penggunaan tenda.

Berikut beragam ini telah dirangkum dari beberapa sumber, beberapa jenis tenda berdasarkan fungsinya, yaitu:
  1. Tenda dekorasi
  2. Tenda dekorasi ini sangat cocok dipakai untuk pesta pernikahan ataupun acara keluarga. Tenda ini bisa juga disebut sebagai Tenda VIP, pada tenda ini diberikan beberapa aksesoris sebagai dekorasi yang menarik sesuai dengan tema acara. Tenda dekorasi ini biasa dipasang di halaman rumah atau kebun dengan suasana yang santai karena bentuk tenda memang dibuat terbuka agar aliran udara lancar sehingga pengunjung atau tamu undangan merasa nyaman.

  3. Tenda Roder / Tenda Hanggar
  4. Tenda roder atau bisa disebut sebagai tenda hanggar merupakan tipe tenda dengan ukuran besar dengan ukuran sampai sepuluh meter karena tidak ada tiang penyanga di tengah tenda. Sangat cocok dipasang untuk kegiatan di tempat yang luas yang bisa menampung pengunjung atau orang banyak misalnya pameran.

  5. Tenda Kerucut
  6. Tenda kerucut sesuai dengan namanya, tenda ini memiliki atap berbentuk kerucut biasa dipakai untuk stand pameran maupun bazar, stand produk dan lain-lain. Tidak memerlukan tempat yang terlalu luas untuk memasang tenda ini.
Jika Anda sedang merencanakan suatu acara yang menggunakan area terbuka seperti lapangan untuk menampung jumlah pengunjung yang banyak, tentulah saran terbaik adalah dengan menyewa tenda, pertimbangan yang paling penting adalah bisa mendapatkan sewa tenda yang murah dan bagus. Namun Anda harus lebih teliti dalam memilih jasa sewa tenda, karena sudah bukan rahasia umum bahwa kalau harga tidak pernah berbohong, sesuaikan juga dengan kebutuhan, kapasitas pengunjung dan tentunya anggaran acara yang akan Anda lakukan.