Prosedur Pemeriksaan dan Perawatan Genset


Prosedur perawatan genset umumnya mencakup apa yang harus Anda lakukan untuk memulai generator set dan tetap berjalan lancar dan aman. Peralatan harus diperiksa secara sistematis sehingga cacat dapat ditemukan sebelum kegagalan serius terjadi. Prosedur maintenance genset meliputi pemeriksaan prestart dan pemeriksaan operasi.


Berikut ini adalah gambar bagian-bagian dari unit genset, pada gambar tersebut kami memberikan ilustrasi dengan genset tipe silent yang biasa digunakan pada perkantoran maupun gudang, dan biasanya untuk skala tertentu tersedia juga dalam penawaran sewa genset nya.



Ketika memulai generator set dan bersiap-siap untuk meletakkannya di posisi yang semestinya, Anda berharap semuanya berjalan dengan baik. Sebuah pemeriksaan sistematis sebelum start-up akan membantu memastikan bahwa generator akan beroperasi dengan baik. Untuk melakukan pemeriksaan generator sebelum pengoperasian sebaiknya lakukan inspeksi berikut:
  1. Kabel tanah/Ground cable. Pastikan dan lihat bahwa kabel masih utuh dan koneksi sambungan yang tetap kuat. 
  2. Mesin. Periksa tingkat minyak pelumas yang sebenarnya untuk tanda-tanda yang sesuai (tingkat berjalan atau tingkat berhenti) pada dipstick. Tingkat berhenti, tentu saja, sesuai untuk pemeriksaan prestart. Tambahkan minyak seperti yang diperlukan. Periksa mesin untuk koneksi longgar; tindakan bebas dari semua bagian yang bergerak, seperti linkage throttle dan shut-off darurat tuas; dan untuk bocor minyak, bahan bakar, atau pendingin.
  3. Sistem Pendingin. Periksa pendingin berada pada tingkat yang diperlukan. Tambahkan coolant yang diperlukan. Menggunakan antibeku solusi tester, periksa bahwa konten antibeku cukup untuk suhu lingkungan yang ada. (Lihat manual produsen untuk jenis dan kuantitas antibeku. Tambahkan antibeku seperti yang diperlukan.) Periksa selang dan klem untuk keamanan. 
  4. Baterai. Periksa baterai untuk tingkat elektrolit yang diperlukan; tambahkan air suling atau, jika air suling tidak tersedia, bersih air keran yang diperlukan untuk meningkatkan tingkat elektrolit ke slot di sumur filler. 
  5. sistem asupan udara. Periksa sistem asupan udara bersih untuk kotoran yang berlebihan (lihat AIR CLEANER PANEL FILTER, ; menghapus dan membersihkan panel udara bersih yang diperlukan. Periksa kisi-kisi udara masuk dan radiator grille untuk kebebasan gerak, dan memastikan bahwa mereka tidak tersumbat. 
  6. ekstensi Exhaust. Periksa ekstensi knalpot (di mana diperpanjang melalui atap atau dinding) untuk kondisi dan sesak sesak dan pada titik kopling dekat perumahan. 
  7. Alternator dan ikat pinggang. Memeriksa alternator untuk tanda-tanda overheating, kabel berjumbai atau longgar, dan korosi. Memeriksa sabuk alternator drive dan sabuk kipas untuk ketegangan yang tepat dan untuk retak, berjumbai, dan tanda-tanda lain dari kerusakan. 
  8. Breather. Periksa ekstensi nafas untuk sesak, kondisi umum, dan kebocoran. Periksa kopling nafas tidak membatasi aliran udara dan pelabuhan keluar nafas jelas.
  9. Sistem bahan bakar. Memeriksa pompa transfer bahan bakar listrik untuk secureness, fitting ketat, tanda-tanda kerusakan, korosi, kebocoran, dan sambungan listrik longgar. Melihat lebih filter bahan bakar dan saringan kebocoran dan alat kelengkapan ketat. Mengalirkan air dan sedimen dari