Tips Rumah Sejuk Tanpa AC

Kita pasti menyadari bahwa udara di Jakarta semakin panas kian hari bahkan tidak hanya di Jakarta saja, udara didaerah lain pun juga semakin panas. Ini diakibatkan karena efek global warming yang semakin meluas. Solusi mudah adalah kalian tinggal membeli atau menggunakan jasa sewa ac terpercaya. Tapi itu juga menimbulkan masalah baru, yaitu biaya listrik anda semakin tinggi. Solusi terbaik adalah dengan membuat sirkulasi udara masuk dan keluar rumah Anda seimbang.Berikut beberapa tips agar rumah Anda sejuk tanpa AC:

Buat ventilasi udara yang baik. Ventilasi udara yang minim akan menghambat sirkulasi aliran udara masuk dan keluar. Bila udara dalam ruangan tidak dapat keluar dengan baik maka udara tersebut akan berada di dalam ruangan dalam waktu yang lama dan menyebabkan suhu ruangan terasa panas.Buatlah jendela pada ruangan Anda minimal 2 buah jendela agar sirkulasi udara masuk dan keluar lancar.

Kurangi cahaya masuk pada siang hari
. Pada siang hari, saat matahari bersinar terik, minimalkan cahaya yang masuk keruangan. Karena cahanya matahari siang merupakan salah satu faktor meningkatnya suhu ruangan. Solusinya, lengkapi jendela Anda dengan window shade. Window shade berguna mengurangi jumlah cahaya yang masuk sehingga meminimalisasi meningkatnya suhu ruangan.

Perhatikan jarak antara lantai dengan plafon
. Bila jarak antara lantai dengan plafon terlalu pendek maka akan menghambar perputaran dan pertukaran aliran udara dikarenakan ruang yang sempit. Jarak ideal lantai dengan plafon adalah 2.75 meter - 4 meter.

Buat taman dan kolam di rumah
. Taman dan kolam terbukti sangat membantu dalam menurunkan suhu ruangan. Pada siang hari tanaman akan mengkonsumsi karbondioksida dan mengeluarkan oksigen yang akan membuat kita terasa nyaman saat menghirup udara. kolam ikan selain membuat suasana rumah menjadi segar dan nyaman juga bisa mengurangi tingkat stress kita. banyak sekali manfaat dari tanaman dan kolam yang tidak bisa saya sebutkan semuanya dan bisa Anda cari di mbah google.