Cara Memilih Air Conditioner (AC) Hemat Energi

AC merupakan istilah dari Air Conditioner yang secara harfiah digunakan untuk menyejukkan suhu dalam suatu ruangan tertutup. AC umumnya digunakan dalam ruang kamar, ruang keluarga, ruang kantor, mobil dan lain-lain. Di zaman modern ini, banyak sekali inovasi yang hadir dibidang elektronik terutama dalam persoalan AC. Berbagai macam model dimunculkan pihak produsen barang elektronik untuk bisa bersaing dan memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin berkembang. Dalam beberapa hal, banyak sekali kontroversi yang hadir diantara pemilihan AC low watt dengan AC hemat listrik. Kedua jenis AC ini seringkali membuat konsumen menjadi bingung dalam menentukan pilihan. Kali ini penyewaan ac akan me-maparkan beberapa pertimbangan pemilihan AC low watt ataukah AC hemat energi.

Daya listrik


Daya listrik yang terpasang di rumah, apartemen, kantor, ataupun jenis hunian yang lain tentu akan sangat menentukan ukuran dan jenis AC yang kita butuhi. Jika Anda memiliki sejumlah daya tertentu namun tidak berencana untuk menambah daya, maka pilihan yang tepat untuk kebutuhan AC Anda adalah dengan memilih AC low watt. Hal ini dikarenakan AC low watt akan mengkonsumsi sedikit watt sehingga anda tidak perlu menambah daya listrik. lagi Dalam hal ini pun, Anda jadi bisa sedikit menghemat akibat tidak bertambahnya daya atau konsumsi listrik dalam rumah. Dengan memilih AC low watt, anda juga bisa menggunakan sisa daya untuk kebutuhan perabot elektronik lainnya.

Fungsional


Menambah perabot listrik, otomatis juga akan menambah tagihan listrik dan konsumerisasi listrik dalam sebuah hunian. Jika anda di haruskan untuk memenuhi kebutuhan perabot baru akan lebih baik jika memilih AC low watt.  Sedangkan untuk menghemat konsumsi energi listrik, jika anda sudah memiliki perabot AC versi lama, maka akan lebih baik jika diganti dengan perabot AC yang lebih baru dan lebih hemat energi. Hal ini didasarkan pada pertimbangan produk terbaru umumnya akan mengalami upgrade sehingga cenderung lebih hemat listrik.

Kuantitas


Jika banyak kebutuhan akan perabot listrik di dalam rumah, tentut anda harus menjatuhkan pilihan pada AC low watt. Hal ini dikarenakan dengan konsumsi watt yang sedikit dari penyejuk anda akan memungkinkan anda untuk memanfaatkan watt lebih banyak untuk alat elektronik lainnya.

Luas ruangan


Penyejuk ruangan akan sangat bergantung pada kondisi dan luas ruangan. Semakin luas ruangan, maka akan diperlukan kekuatan AC yang hemat pula. Untuk ruangan yang cukup luas, akan ada baiknya jika Anda memakai varian dari AC yang lebih hemat energi. Hal ini dikarenakan agar penyejuk dapat bekerja maksimal tanpa konsumsi listrik berlebih.

Itulah beberapa pertimbangan yang bisa dijadikan pedoman untuk memilih jenis AC yang lebih cocok dibeli. Beberapa pertimbangan kemungkinan dapat mempengaruhi pembaca dalam menentukan pemenuhan kebutuhan akan penyejuk ruangan. Semoga bermanfaat.