Manfaat dan Kegunaan Air Conditioner (AC)

Manfaat dan Kegunaan Air Conditioner (AC)

AC (Air Conditioning) atau alat pengkondisi udara merupakan modifikasi pengembangan dari teknologi mesin pendingin. Alat ini dipakai bertujuan untuk memberikan udara yang sejuk dan menyediakan uap air yang dibutuhkan bagi tubuh. Penggunaan AC (Air Conditioner) ini sering ditemui di daerah tropis yang terkenal dengan musim panas. Suhu udara pada saat musim panas yang sedemikian tinggi dapat mengakibatkan dehidrasi cairan tubuh yang dapat mengakibatkan kematian.
Selain itu menurut sewa ac, AC (Air Conditioner) dimanfaatkan sebagai pemberi kenyamanan. Di lingkungan tempat kerja AC (Air Conditioner) juga dimanfaatkan sebagai salah satu cara dalam upaya peningkatan produktivitas kerja.

Karena dalam beberapa hal manusia membutuhkan lingkungan udara yang nyaman untuk dapat bekerja secara optimal. Tingkat kenyamanan suatu ruang juga ditentukan oleh temperatur, kelembapan, sirkulasi dan tingkat kebersihan udara.

Seiring dengan perkembangan zaman, perusahaan-perusahaan elektronik mulai membuat AC (Air Conditioner) dengan teknologi yang dapat membunuh virus dan bakteri juga menghemat biaya listrik. Plasmacluster dan Inverter merupakan teknologi yang saat ini digunakan oleh produsen AC (Air Conditioner). Plasmacluster dirancang untuk dapat membunuh virus dan bakteri di dalam ruangan, sementara inverter dikatakan dapat menghemat energi lebih dari 10%. Teknologi Inverter juga telah berkembang dan telah banyak di gunakan pada produk AC yang mereka klaim dapat menghemat energi lebih dari 50%, teknologi itu diberi nama Smart Inverter.

Beberapa produsen AC telah mengembangkan Teknologi Virus Doctor yang kemudian di implementasikan pada produk AC (Air Conditioner) mereka, Teknologi Virus Doctor adalah aplikasi teknologi Micro Plasma Ionizer (MPI), yang teruji mampu melumpuhkan hingga 99,99% mikro organisme berbahaya di udara. Termasuk di dalamnya virus SARS dan H1N1.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Seoul National University dan Laboratorium Toksikologi Seoul, teknologi ini terbukti sebagai teknologi pemurnian udara paling efektif. Jauh lebih tinggi dalam menghasilkan jumlah ion. Selain itu, daya jangkaunya pun lebih luas, mencapai 19, 16 m2. Hal ini juga diperkuat oleh pernyataan seorang dokter dari divisi Paru, Kerja, dan Lingkungan, Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. Mukhtar Ikhsan, Sp. P (K), MARS. Menurutnya, penyakit infeksi pernafasan banyak disebabkan oleh bakteri dan virus yang ada di udara. Lebih dari 50% terjadi di dalam ruangan. Itu sebabnya kesehatan udara di dalam ruangan perlu diperhatikan.

Buat anda yang sulit tidur mungkin AC dapat menjadi solusi yang layak di coba, Beberapa produsen AC telah menggunakan teknologi yang mereka sebut Good Sleep. Good Sleep membuat Anda cepat tertidur dengan menurunkan suhu. Setelah Anda tertidur lelap, sistem secara otomatis menaikkan suhu agar tubuh Anda tetap rileks, dan juga menjaga level kelembaban ruangan agar tetap optimal. Kemudian, setelah jam alarm hampir berbunyi, good’sleep menggunakan udara di sekitarnya untuk membangunkan dan menyegarkan badan setelah Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. (Dan jika biaya tagihan listrik atau kepedulian lingkungan menjadi salah satu kekhawatiran yang membuat Anda sulit tidur, Anda boleh lega bahwa good’sleep menghemat energi lebih dari tiga kali lipat daripada dalam mode pendingin normal).

Manfaat dan kegunaan AC (air Conditioner) juga dapat kita lihat pada bangunan dan gedung-gedung bertingkat, coba anda bayangkan bagaimana bila gedung-gedung bertingkat itu bila tanpa AC, Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa di daerah tropis yang terkenal dengan musim panas (termasuk indonesia) penghuni gedung pada tingkat atas pastinya akan tersiksa sekali apalagi bila gedung bertingkat itu tidak menyediakan jendela yang dapat dibuka. Dengan kata lain kehadiran AC telah membawa pengaruh pada design bangunan dan ruang, Mahalnya harga lahan dan semakin padatnya penduduk membuat gedung bertingkat adalah sebuah solusi.

Manfaat dan kegunaan AC (air Conditioner) juga dapat diterapkan pada komplek atau perumahan pada pemukiman padat, kesumpekan pasti sangat dirasakan, polusi udara dan polusi suara adalah keseharian. Disain bagunan untuk penggunaan AC dapat diterapkan dan biarlah AC menjalankan tugas dan fungsinya. anda akan terus mendapatkan pasokan udara segar dan bersih dan disain bangunan akan sedikit mengurangi polusi suara.