Bagaimana Air Conditioners ( AC ) Bekerja

Cara kerja AC
Cara Kerja AC
Tugas terbesar Air Conditioners (AC) yang harus dilakukan adalah untuk mendinginkan udara dalam ruangan. Meskipun begitu AC tidak hanya mendinginkan udara dalam rungan. AC juga memantau dan mengatur suhu udara melalui termostat.

AC juga memiliki filter onboard yang menghilangkan partikulat udara dari sirkulasi udara. Fungsi AC sebagai penurun. Karena suhu adalah komponen kunci dari kelembaban relatif, menurunkan suhu dari volume udara lembab menyebabkan ia untuk melepaskan sebagian dari kelembaban. Itulah mengapa ada saluran air untuk di alirkan dan dikumpulkan kewadah dekat AC, dan mengapa AC melepaskan air ketika mereka beroperasi pada hari-hari lembab.

Tim Teknis Rental AC akan menjelaskan  bahwa bagian utama dari sebuah AC adalah mengelola pendingin dan memindahkan udara dalam dua arah: dalam ruangan dan luar:
  •     Evaporator - Menerima refrigeran cair
  •     Kondensor - Memfasilitasi transfer panas
  •     Ekspansi katup - Mengatur aliran refrigeran ke evaporator
  •     Compressor - Sebuah pompa yang memberi tekanan udara pada refrigeran
Sisi dingin dari AC berisi evaporator dan kipas yang menghembuskan udara di atas gulungan dingin dan ke dalam ruangan. Sisi panas berisi kompresor, kondensor dan kipas lain untuk membuang udara panas yang datang dari kompresor refrigeran ke luar rumah. Di antara dua set kumparan, ada sebuah katup ekspansi. Ini mengatur jumlah kompresi refrigeran cair pindah ke evaporator.

Setelah di evaporator, refrigeran mengalami penurunan tekanan, mengembang dan berubah kembali menjadi gas. Kompresor sebenarnya adalah pompa listrik besar yang membuang gas refrigan sebagai bagian dari proses untuk mengubahnya kembali menjadi cairan. Ada beberapa sensor tambahan, timer dan katup, tetapi evaporator, kompresor, kondensor dan katup ekspansi adalah komponen utama dari sebuah AC.

Meskipun ini adalah setup konvensional untuk sewa AC, ada beberapa variasi yang Anda harus tahu. AC Window memiliki semua komponen ini yang dipasang ke dalam kotak logam yang relatif kecil yang menginstal ke lubang jendela. Ventilasi udara panas dari belakang unit, sedangkan kumparan kondensor dan kipas angin dingin dan kembali sirkulasi udara dalam ruangan. AC besar bekerja sedikit berbeda: AC Central berbagi termostat kontrol dengan sistem pemanas rumah, dan kompresor dan kondensor, sisi panas unit, bahkan tidak di rumah. Ini di luar perumahan terpisah segala cuaca. Pada bangunan yang sangat besar, seperti hotel dan rumah sakit, unit kondensasi eksterior sering dipasang di suatu tempat di atas atap.