AC rental industry in Indonesia


Indonesia adalah negara beriklim tropis yang terletak disekitar garis khatulistiwa yang mengakibatkan cuaca di Indonesia rata-rata panas, Karena itu jumlah pengguna AC di Indonesia sangat besar. Penggunaan AC di Indonesia sudah menjadi hal yang wajar di setiap gedung perkantoran, mall, rumah makan, rumah sakit bahkan di beberapa sekolah swasta maupun negri sudah ada yang menggunakan AC di dalam kelas untuk memberikan kenyamanan belajar untuk muridnya. Untuk acara outdoor seperti Resepsi Pernikahan atau acara apa pun yang dilakukan di outdor yang berskala besar hampir semua menggunakan AC untuk kenyamanan acara. 

Karena AC adalah barang mewah maka tidak mungkin secara finansial jika setiap mengadakan acara panitia atau orang yang bertanggung jawab mengurus acara harus membeli AC yang hanya dipakai pada saat acara. Solusi yang paling masuk akal adalah dengan menyewa. Kini banyak perusahaan di Indonesia yang khusus menyediakan jasa sewa AC dan alat-alat yang dapat menunjang kenyamanan suatu acara seperti Genset, Cooling Fan, Misting Fan yang banyak digunakan di acara-acara seperti resepsi pernikahan, pameran, acara kantor, produksi film dan sebagainya.

Faktor penting dalam pemasangan AC yang baik dan benar sebaiknya juga memperhatikan segi kesehatan dan estetika ruangan. Karena pemasangan AC bukan hanya bertujuan untuk mendinginkan suhu ruangan tetapi juga untuk menunjang estetika suatu ruangan dan juga baik untuk kesehatan. Kapasitas ruangan juga berpengaruh dalam sirkulasi pendinginan udara dalam suatu ruangan, karena untuk mencapai suhu dingin suatu ruangan secara maksimal semua ada hitungannya.

Jadi intinya penggunaan AC di jakarta tidak dapat dihindari, tetapi penggunaan energinya yang besar dapat dihindari. dengan semakin majunya teknologi, AC pun yang fungsi awalnya sebagai pendingin ruangan sekarang pun bertambah fungsinya sebagai pemurni udara dan semakin hemat energi.

Sekarang ada  AC yang menggunakan teknologi inverter yang bisa menghemat listrik hingga 50%. Selain teknologi yang diciptakan untuk menghemat energi, ada juga teknologi yang diciptakan untuk membuat udara lebih bersih dan sehat. Jadi pada saat anda ingin membeli atau menyewa AC pastikan anda tidak hanya memilih yang sekedar dingn tetapi yang sehat dan juga hemat energi.