Tips merawat AC di dalam rumah


Hampir semua produk AC yang dijual di pasaran sekarang ini dilengkapi remote control yang bertujuan untuk memudahkan penggunaannya. Banyak pengguna yang yang langsung secara otomatis menyalakan AC ketika merasakan panas dan sering lupa untuk mematikannya ketika meninggalkan ruangan dengan waktu yang lama. Selain berbahaya meninggalkan alat elektronik di suatu ruangan menyala tanpa pengawasan dengan waktu yang lama. Hal tersebut  dapat berpotensi terjadinya hubungan singkat yang akan mengakibatkan kebakaran.

AC sekarang banyak yang dilengkapi dengan teknologi yang membuat udara lebih bersih dan sehat yang dapat mengikat bakteri dan dilengkapi dengan filter. Tetapi kita tidak boleh begitu saja percaya dan mempertaruhkan kesehatan kita dan keluarga kita begitu saja. Paling tidak pada pagi hari pada saat bangun tidur matikan AC dalam ruangan lalu buka pintu dan jendela lebar-lebar agar terjadi sirkulasi udara. Dan paling tidak periode sebulan sekali anda harus membersihkan filter AC anda dengan memanggil tukang service AC atau anda bisa melakukannya sendiri jika anda tau caranya. 

Selain membersihkan AC secara teratur anda juga bisa meminimalkan potensi gangguan kesehatan dengan cara mematikan AC jika ada orang yang menyalakan rokok di dalam ruangan atau jika ada anggota keluarga yang sedang sakit dan penyakitnya bisa ditularkan lewat udara sebaiknya mematikan AC .  dan ada baiknya kebersihan suatu ruangan ber AC selalu dijaga karena debu dan bakteri yang kita bawa dari luar rumah juga berpotensi membahayakan tubuh kita. Jadi selain kita harus menjaga kualitas dan kebersihan AC kita di rumah tetapi kita juga harus menjaga kebersihan rumah kita.

Memiliki AC di dalam rumah memang bermanfaat dan menyenangkan, tetapi jika kita tidak mempedulikan perawatan dan cara pengoperasiannya maka bukan hanya membahayakan jiwa dan kesehatan kita sendiri tetapi jiwa dan kesehatan keluarga dan orang-orang yang kita sayangi. Maka dari itu kita juga harus memperhatikan perawatan dan pengoperasian nya dan kebersihan suatu ruangan.