Kesalahan-kesalahan umum dalam mengoperasikan AC dalam ruangan



Salah satu kesalahan paling umum adalah ketika  suhu sedang panas diluar ruangan maka kita dengan otomatis akan mencari remote AC dan langsung menekan tombol  ke suhu terendah yaitu 16 derajat dengan kecepatan fan maksimum, dengan harapan ruangan kita akan segera mencapai suhu dingin yang kita inginkan. Ini adalah kesalahan  umum yang sering kita lakukan sebagai pengguna AC, kenapa? Karena pada saat kita mengatur  AC ke  suhu 16 derajat maka kompresor AC kita akan bekerja keras terus menerus karena bagaimana mungkin suhu ruangan kita bisa mencapai suhu 16 derajat sedangkan kita tinggal di Negara yang beriklim tropis. Apalagi pada saat siang hari yang suhunya bisa mencapai 32 derajat diluar ruangan.  Hal ini akan menyebabkan pemakaian daya listrik yang sangat besar yang hanya akan merugikan anda sendiri. Karena seharusnya pada saat suhu ruangan sudah sama dengan suhu yg di inginkan pada remote maka kompresor akan berenti berkerja hanya kipas / fan yang berputar, tentu saja hal itu akan menghemat listrik.



Contoh selanjutnya adalah ketika kita  mengalami pemadaman listrik secara bergilir atau tiba-tiba saja terjadi pemadaman listrik tanpa pemberitahuan apa pun. Atau terjadi apa yang biasa disebut “listrik turun”  di rumah anda. Ataupun bisa saja anda tanpa sengaja mematikan AC anda melalui remote, salah pencet misalnya. Maka sangat dianjurkan jangan langsung menyalakan AC anda, tunggulah beberapa menit barulah anda bisa menyalakan kembali AC anda,  hal ini perlu dilakukan supaya kompresor dapat beristirahat sejenak sebelum kembali menyala agar umur kompresor menjadi panjang dan awet.


Yang terakhir tetapi tidak kalah penting adalah ketika kita mencium bau tidak sedap yang keluar dari unit indoor AC kita, hal itu terjadi karena orang sering merokok di dalam ruangan ber AC dan juga terdapat bau-bau lainnya, jadi udara yang diserap oleh AC sudah tercemar dengan  bau-bau yang tidak sedap. Maka sirkulasi udara harus terjadi, kita harus  sering membuka jendela atau ventilasi agar terjadi sirkulasi udara yang juga sekaligus menyehatkan.