Tips Menghindari Keracunan Karbon Monoksida Dalam Mobil


Mungkin jika kita menanyakan kepada tukang sewa ac atau pedagang ac, mereka tidak akan memberitahu secara detail bahaya dari pemakaian AC dalam mobil. Tapi hal ini sebernanya harus kita cari tahu sendiri, karena akibat dari menyepelekan hal ini sudah banyak terjadi belakangan ini.

Akibat fatal nya adalah kematian, walaupun beberapa bisa lolos, tapi efek nya bisa merusak otak dan sistem syaraf alias lumpuh total. Nah untuk itu perhatikan lah beberapa tips berikut agar terhindar dari keracunan karbon monoksida:
  • Periksa sistem pembuangan kendaraan secara rutin, kebocoran kecil bisa memicu gas beracun karbon monoksida masuk ke dalam mobil,
  • Jangan menghidupkan mesin mobil dalam garasi tertutup, karbon monoksida bisa cepat memenuhi ruangan tersebut. Sebaiknya membuka jendela dan pintu ketika mobil berhenti sehingga sirkulasi udara berjalan dengan baik dan udara luar bisa menetralisir karbon monoksida,
  • Jika ingin beristirahat dalam mobil, jangan tutup semua kaca dan pintu dengan penyejuk udara yang masih menyala. Banyak kasus kematian dalam mobil akibat tertidur dan keracunan gas karbon monoksida.